Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nyepi dan Bulan Puasa, Pemkab Karangasem Gelar Pasar Murah

  • 16 Maret 2023
  • 15:45 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1803 Pengunjung
Pasar murah di Kantor Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Kamis (16/3/2023).

Karangasem, suaradewata.com- Berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Karangasem, guna memastikan ketersediaan pangan, keterjangkauan dan menjaga kestabilan harga serta distribusi barang kebutuhan pokok di seluruh pasar yang ada di Karangasem, menyusul terjadinya kenaikkan harga barang yang mulai terjadi menjelang perayaan Nyepi dan masuknya Bulan Ramadhan.

Sebagai upaya menekan dan mengendalikan inflasi, Bupati Karangasem I Gede Dana dengan menggandeng enam distributor diantaranya PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) PT. Gabungan Import Export Bali ( GIEB ), Perum BULOG, PT. Ni Luh Kartika Sari, PT. Indomarco Prismatama dan Distributor Sembako (Sayur dan Bumbu), menggelar pasar murah di Kantor Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan pasar murah ini disambut antusias warga, dimana ratusan warga langsung menyerbu pasar murah tersebut untuk membeli berbagai bahan kebutuhan pokok, utamanya beras, minyak goreng, sayuran dan berbagai jenis bumbu dapur, dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar.

Guna memastikan pasar murah ini berjalan sesuai dengan sasaran, Bupati Gede Dana hadir langsung melakukan pemantauan. Kepada awak media, Bupati Gede Dana mengaku senang melihat antusias warga memanfaatkan pasar murah untuk mendapatkan kebutuhan dengan harga terjangkau.

Ditegaskannya, selain meningkatkan daya beli masyarakat, kegiatan operasi pasar atau pasar murah ini merupakan salah satu upaya untuk menekan laju inflasi daerah, dimana harga barang kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan pada setiap moment jelang hari raya keagamaan. Karenanya, Pemkab Karangasem melalui Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem melalui Bidang Perdagangan, menggelar pasar murah di 8 Kecamatan dari Tanggal 8 Maret hingga 26 Maret 2023 mendatang.

"Mengingat Hari Raya Nyepi dan Bulan Puasa jatuhnya bersamaan, dipastikan kebutuhan bahan pokok masyarakat akan meningkat. Bahkan belakangan beberapa harga komoditas juga mulai meningkat, yang bisa menimbulkan peningkatan inflasi, untuk mencegah hal inilah maka kami menggelar Pasar Murah hampir di seluruh kecamatan di Karangasem," bebernya, sembari menyebutkan kegiatan Pasar Murah ini adalah yang kelima kali setelah Kecamatan Kubu, Abang, Rendang dan Manggis.rls/nov/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER