Bangkitkan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangli, Bupati Sedana Arta Buka Pesta Siaga Bisa

  • 12 Maret 2023
  • 22:10 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1581 Pengunjung
Bupati Sedana Arta didampingi Wabup Wayan Diar saat membuka Pesta Siaga Bisa tahun 2023. (SD/Ist)

Bangli, suaradewata.com - Dalam rangka membangkitkan kembali Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bangli yang sempat terdiam akibat pandemi Covid 19, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka Pesta Siaga Bisa, bertempat di alun-alun Kabupaten Bangli, pada Minggu (12/3/2023) pagi. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan (kulkul). Turut hadir saat itu, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang juga selaku KA Kwarcab Kabupaten Bangli, Pengurus Kwartir Cabang Bangli, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga I Komang Pariarta, Kapusdiklat Cabang Bangli beserta Pengurus, Kamabigus Se- Kwaran Bangli, Dewan Kerja Cabang Bangli, Pengurus Kwartir Cabang Bangli, Pengurus Kwartir Ranting Bangli, Pembina serta seluruh peserta Pesta Siaga.

Ketua Panitia Pesta Siaga I Wayan Mirsawan dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan kembali Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bangli yang sempat terdiam karena Pandemi Copid 19. "Gerakan Pramuka adalah ekstrakulikuler wajib yang diselenggarakan pada gugus depan masing-masing," ujarnya. Pesta siaga ini bertemakan Cerdas Berkarakter Mandiri Gembira Bersahabat Berprestasi Inovatif Sehat Aktif (Pesta Siaga Bisa).

Wayan Mirsawan menambahkan, kegiatan pesta siaga ini dilaksanakan dalam satu hari, dirangkaikan dengan kegiatan karnaval dan pameran hasil kerajinan tangan para peserta, serta beberapa kegiatan lainnya. "Pesta Siaga ini diikuti oleh 32 gugus depan SD dan 1 Gugus depan Mi yang tersebar di Kwartir Ranting Bangli. Peserta hari ini berjumlah 35 Barung Putra dan 35 Barung Putri yang jumlah keseluruhannya kurang lebih 700 peserta didik," jelasnya. Adapun sumber biaya untuk Pesta Siaga ini, lanjut dia, dari dana  BOS masing-masing gugus depan. Diharapkan, kegiatan ini  dapat memupuk rasa persahabatan antar peserta. Berkompetisi yang baik sehingga mampu menghasilkan prestasi, berinovasi dan secara aktif bergerak maju untuk Nusa dan Bangsa.

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta yang juga selaku Mabicab Kabupaten Bangli dalam sambutannya menyampaikan, menjadi pramuka disamping sebagai kurikulum wajib, juga sebagai salah satu kegiatan yang bisa membuat pengkaderan pemimpin melalui kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan.Maka dari itu sebagai pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten Bangli, pihaknya sangat mengharapkan kepada pembina pramuka yang ada di seluruh gugus di Kabupaten Bangli, untuk serius dan mengaktifkan lagi kegiatan organisasi yang bertujuan untuk menjadikan anak didik kita siap untuk menjadi pemimpin dimasa depan. "Semoga kegiatan ini menjadi momen yang baik  untuk saling berkomunikasi dan menjalin persahabatan antar gugus dan antar peserta," tandas Sedana Arta.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER