Sekda Adi Arnawa Upasaksi Piodalan Pura Puseh Bonbiyu Angantaka

  • 01 Maret 2023
  • 18:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1563 Pengunjung
ekda Badung I Wayan Adi Arnawa melakukan upasaksi serangkaian Piodalan di Pura Puseh Bonbiyu, Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Rabu, (01/03/2023). Sumber foto : Prokompim Pemkab Badung

 

Badung, suaradewata.com- Bupati Badung diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa melakukan upasaksi rangkaian Piodalan di Pura Puseh Bonbiyu, Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Rabu, (01/03/2023). Upasaksi Sekda Badung yang didampingi anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan dan Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa ini sebagai wujud bhakti pemerintah kehadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura Puseh Bonbiyu sekaligus bukti dimana pemerintah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai upaya pelestarian seni, adat, agama dan budaya di kabupaten Badung. 

Pada kesempatan tersebut, mewakili pemerintah, Sekda Adi Arnawa sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan yadnya piodalan di Pura Puseh Bonbiyu, Desa Angantaka. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi prioritas pembangunan di badung yakni pelestarian adat, agama, tradisi, seni dan budaya. 

"Kami pemerintah hadir ikut ngrastiti semoga yadnya dapat berjalan dengan baik serta memohon kerahayuan jagat," jelas Adi Arnawa.

Sekda menerangkan, bahwa Bupati Badung sangat komit menjalankan program adat dan budaya. Komitmen tersebut telah direalisasikan melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa. Khusus untuk pembangunan di Pura Puseh Bonbiyu ini telah dibantu melalui dana BKK tahun 2023 sebesar Rp 1,5 M. 

"BKK telah diserahkan oleh Bupati kepada Desa dan dananya sudah ditransfer ke Desa. Untuk itu pengempon pura agar mengikuti mekanisme yang ada," terangnya seraya menambahkan, selain bantuan BKK, untuk pujawali ini juga dibantu dana aci sebesar 10 juta. Untuk itu krama pengempon pura diajak selalu menghaturkan puja pangastuti, mohon kerahayuan dan terpenting mampu menjaga krama tetap bersatu. 

Sementara, Prawartaka Karya I Wayan Yuda didampingi Kelian Pura Nyoman Tamat, atas nama pengempon pura menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekda Badung mewakili Bupati Badung pada Piodalan di Pura Puseh Bonbiyu. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pemerintah bersama DPRD Badung yang telah membantu pembangunan di Pura Puseh Bonbiyu. 

"Kami atas nama krama pengempon pura menghaturkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membantu kami, mulai dari pensertifikatan laba pura hingga perbaikan bangunan pura," imbuh Wayan Yuda. 

Dijelaskan, Piodalan yang dilaksanakan kali ini yakni menghaturkan upacara bebangkit. Mengenai biaya krama pengarep sebanyak 90 KK mengeluarkan urunan termasuk upakara. Rangkaian upacara diawali ida bhatara kairing ngemijiang, datang dari ngemijiang baru dilaksanakan ngaturan piodalan yang di puput Ida Pedanda Griya Njung Angantaka.rls/ang/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER