Poltrada Bali Gelar Diklat Keselamatan Berlalu Lintas di Buleleng

  • 21 Februari 2023
  • 21:40 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1396 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali memberikan kuota empat angkatan  dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat) keselamatan lalu lintas di Kabupaten Buleleng selama 3 hari kepada Tenaga Non ASN Dinas Perhubungan dan sopir angkutan umum. 

"Kesempatan luar biasa ini berkat kerjasama dan “chemistry” antara Poltrada Bali dengan Pemkab.Buleleng melalui Dinas Perhubungan yang terjalin dengan baik." ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng Gede Gunawan AP usai membuka Diklat di Hotel Puri Saron Lovina, pada Selasa, (21/2/2023).

Lebih lanjut dikatakan, biasanya diklat dilakukan di kampus Poltrada Bali atau tempat terdekat Poltrada Bali dan atas hubungan baik ini, karena Dishub Buleleng sebagai rujukan taruna Poltrada untuk magang atau PKL di Dinas Perhubungan, sehingga Poltrada Bali hadir di Buleleng.

”Dishub memiliki tempat uji kendaraan terakreditasi A, berkontribusi, apresiatif terhadap taruna Poltrada Bali dengan memberikan layanan, dan hal-hal yang diperlukan oleh Poltrada Bali." ujar Gunawan. 

"Atas dasar itu kita mengusulkan program pemberdayaan masyarakat melalui diklat kepada pegawai Dishub dan gayung bersambut Poltrada memberikan kuota yang lumayan banyak dan tempatnya di Buleleng pula. Kita tidak mengeluarkan biaya sepeserpun,” imbuhnya. 

Iapun memberikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan RI melalui Poltrada Bali atas kesempatan yang diberikan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan teori yang nantinya akan diaplikasi di lapangan oleh para peserta. 

”Terimakasih kepada Poltrada Bali.Dan dalam hal ini, kepada peserta dengan serius, disiplin menyerap ilmu agar menjadi kebanggaan sebagai staf teknis yang nantinya memiliki sertifikasi dalam tugas,” tegas Gunawan.

Sementara itu, I Made Sudiatmika selaku staf Poltrada Bali mengatakan sebanyak 120 peserta yang terdiri dari 75 tenaga non ASN Dishub dan 48 sopir angkutan umum terbagi dalam 4 angkatan menerima diklat untuk memahami perundangan-undangan LLAJ, memahami karakteristik pejalan kaki, memahami tatacara berkendara mobil dan motor, memahami penggunaan angkutan umum, memahami tata cara berlalulintas , serta emergensi respon.

Selain itu para angkutan umum juga akan dibekali pengenalan kendaraan, keselamatan dan kesehatan serta keamanan kerja, disipilin berlalu lintas di jalan raya, human factor pada kecelakaan lalu lintas, rambu, marka, perlengkapan jalan, tanggap darurat dan praktek mengemudi. 

“Pemateri yang memberikan teori dan praktek selama 3 hari yakni dosen pengajar dari Poltrada Bali dan Dinas Perhubungan,” pungkas Sudiatmika. 

Salah satu peserta Komang Agus Saputra Mahendra dari Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng yang kesehariannya menjaga ketertiban lalu lintas ini berharap, mendapat ilmu dan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas yang nantinya dapat dipraktikkan dalam tugas sehari-hari. Sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER