Terpilih Secara Aklamasi, Sila Dana Siap Nakhodai HIPMI Tabanan

  • 17 Februari 2023
  • 15:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2016 Pengunjung
Muscab ke-VIII BPC HIPMI Tabanan di The Sila's Agrotourism, Jumat (17/2/2023). Foto Ayu Trisna

Tabanan, suaradewata.com – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Tabanan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-VIII, Jumat (17/2/2023) di The Sila’s Agrotourism, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Dalam Muscab yang mengambil tema ‘Mewujudkan Peran HIPMI Dalam Memperkuat Ekonomi Kabupaten Tabanan’ dengan tagline ‘Make Tabanan Great” tersebut juga dilakukan sidang serta penetapan Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Tabanan periode 2023-2026.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tabanan yang diwakili Sekda Tabanan I Gede Susila, sejumlah Kepala Dinas, Camat, Perbekel, Ketua HIPMI Bali, Ketua BPC HIPMI se-Bali, perwakilan sejumlah Bank, dan perwakilan sejumlah organisasi seperti Kadin, PHRI, KNPI, dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua BPC HIPMI Tabanan periode 2020-2023, Kadek Surya Prasetya Wiguna mengatakan bahwa Muscab tersebut merupakan kegiatan wajib dalam setiap kepengurusan. “Kita sudah menjalankan tahapan sesuai aturan yang berlaku, diantaranya penjaringan calon Ketum dan tata tertib dan sebagainya. Kemudian dalam proses akhir hanya ada satu orang calon yang maju yakni I Made Sila Dana, yang sebelumnya menjabat sebagai Bendahara Umum BPC HIPMI Tabanan dan memenuhi klasifikasi yang ditentukan HIPMI Tabanan,” terang owner dari Cau Chocolate.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi calon Ketum BPC HIPMI Tabanan, dimana menurutnya I Made Sila Dana selama ini sangat konsen pada pariwisata berbasis pertanian yang memang menjadi sector unggulan di Tabanan. “Kita ketahui sendiri 24 hingga 25 persen perekonomian di Tabanan bersumber dari pertanian, dan itu sudah diterapkan oleh Calon Ketum HIPMI Tabanan di The Sila’s sehingga kita harapkan ini bisa jadi permodelan untuk kedepannya,” tegasnya.

Ia pun berpesan kepada Ketum HIPMI Tabanan yang terpilih untuk senantiasa menjaga kekompakan dan kolaborasi dengan semua pihak yang sudah berjalan dengan baik selama ini.

"Selalu jaga kekompakan, jaga kolaborasi dengan pemerintah dan perbankan, bergerak selaras dan harmoni dengan pemerintah sesuai misi Bupati Tabanan yang Aman, Unggul, dan Madani," pesannya.

Ditambahkannya jika saat ini BPC HIPMI Tabanan memiliki 65 orang anggota yang diharapkan terus bertambah dan berkembang bahkan sampai 150 hingga 200 orang. “Jumlah anggota kita bertambah setiap tahunnya, karena memang untuk (bergabung) HIPMI Tabanan hanya berdasarkan usia yakni dibawah 40 tahun. Apapun jenis usahanya, kecil atau besar tidak masalah yang penting punya semangat untuk maju, semangat bersama untuk berkolaborasi, maka kami terima dengan tangan terbuka,” tandasnya.

Sebagai calon tunggal, I Made Sila Dana pun terpilih secara aklamasi untuk melanjutkan kepemimpinan Kadek Surya Prasetya Wiguna untuk menakhodai organisasi pengusaha muda di bumi Lumbung Berasnya Bali tersebut.

Sementara itu, Ketua HIPMI Bali, Agus Pande Widura menyampaikan apreasinya atas kepemimpinan Ketua BPC HIPMI Tabanan periode 2020-2023, Kadek Surya Prasetya Wiguna. Dimana pihaknya melihat perkembangan HIPMI Tabanan yang sangat luar biasa dalam organisasi dengan penambahan anggota yang cukup banyak. “Ini artinya entrepreneur di Tabanan terus bertambah, dan harapan kami HIPMI Tabanan terus penyebarkan virus-virus entrepreneur di Tabanan,” tegasnya.

Tak lupa ia berpesan agar pada pada kepemimpinan Ketum HIPMI Tabanan yang baru, HIPMI Tabanan dapat tetap selalu berkolaborasi dengan pemerintah dan perbankan. “Kolaborasi dengan pemerintah dan perbankan yang sudah berjalan baik selama ini agar budaya itu tetap dijaga,” lanjutnya.

Kemudian, Ketum BPC HIPMI Tabanan periode 2023-2026, I Made Sila Dana menegaskan jika ia memiliki sejumlah program prioritas yang akan dilaksanakan diantaranya fokus memperkuat ekonomi Tabanan. Dimana tujuan HIPMI sebagai rumah bagi pengusaha muda di Tabanan meningkatkan potensi di masing-masing sector unggulan. “Disini yang kita tampilkan ada tiga sektor utama yakni pertanian, pariwisata, dan UMKM,” tegas pengusaha kelahiran Candikuning, 11 Maret 1983 tersebut.

Owner The Sila’s Agrotourism itu pun berharap kedepannya HIPMI Tabanan dalam keorganisasian dan keanggotaan dapat lebih meningkatkan silahturahmi ke masing-masing BPC HIPMI se-Bali maupun tingkat daerah dan nasional untuk melakukan Bussines Matching. “Sehingga disitu akan ada suatu kolaborasi antara BPC HIPMI se-Bali untuk saling bertukar ilmu dan fikiran. Kemudian kita akan membuat HIPMI Personal Trainner, bagaimana generasi muda atau mahasiswa kita ajak untuk diberikan edukasi tentang bisnis dan potensi apa yang bisa dikembangkan, manajemen apa yang bisa dilakukan, ini untuk menumbuhkan jiwa-jiwa enterpreunership di Tabanan. Kita juga akan tumbuhkan value-value masing-masing anggota HIPMI untuk bisa bersaing didunia ekonomi yang tantangannya semakin berat kedepannya,” pungkasnya. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER