Kapolsek Gotong Royong, Pasca Banjir Bandang Di Desa Banyupoh.

  • 14 Februari 2023
  • 13:50 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1791 Pengunjung
Kapolsek Gerokgak, bersama Forkompincam, Pemerintah Desa, serta KRPH melakukan gotong royong di sekitar Pura Belatungan. Senin, (13/2/2023)

Buleleng, suaradewata.com- Pasca banjir bandang melanda di Dusun Melanting, Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak  Kabupaten Buleleng pada Sabtu, (11/2/2023) lalu, yang mana banjir yang alirannya cukup deras membawa kayu gelondongan dan ranting serta lumpur yang mengakibatkan Pura Belatungan terendam banjir, saluran irigasi maupun pipa air bersih warga setempat ikut juga terputus, sehingga warga kesulitan air bersih.

Peristiwa bencana alam ini, menjadikan pihak Polsek Gerokgak yang dipimpin langsung Kapolsek Gerokgak Kompol I Gusti Nyoman Sudarsana, S.St bersama Forkompincam Gerokgak, Pemerintah Desa serta Kepala Resort Pengelolaan Hutan (KRPH) tergerak hatinya untuk melakukan aksi dengan melaksanakan pembersihan secara bergotong royong di sekitar Pura Belatungan yang dinilai sacral dan disucikan itu, pada Senin, (13/2/2023).

Sebanyak 60 orang bersinergi bahu membahu bergotong royong membersihkan material di areal Pura Belatungan untuk nantinya dapat digunakan lagi dalam persembahyangan. 

Disela-sela kegiatan bergotong royong, Kapolsek Gerokgak I Gusti Nyoman Sudarsana seijin Kapolres Buleleng mengatakan selain melakukan pembersihan secara bersama-sama di Pura Belatungan, dilakukan juga perbaikan saluran air yang merupakan irigasi subak Banyupoh terputus atau rusak akibat banjir. 

“Kami menghimbau untuk menghindari agar tidak lagi mendapatkan kiriman banjir, kepada seluruh masyarakat secara bersama-sama menjaga lingkungan. Terutama menjaga dan memelihara hutan yang ada di sekitar kawasan Desa Banyupoh.” ucapnya tegas. 

Sementara itu, terkait dengan pipa air bersih milik dari 19 kelompok warga terputus, yang mengakibatkan warga kesulitan air bersih untuk kepentingan konsumsi, MCK maupun perkebunan. Mengingat pipa-pipa tersebut berfungsi mengalirkan air dari sejumlah sumur menuju ke pemukiman warga.

Dalam hal ini pihak instansi terkait, baik itu PDAM, BPBD, Dinas Damkar Kabupaten Buleleng telah mengupayakan dengan mensuplai kebutuhan air bersih bagi warga yang terdampak banjir.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER