KPU Tabanan Lantik 399 Orang Panitia Pemungutan Suara

  • 24 Januari 2023
  • 16:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1715 Pengunjung
Pelantikan PPS di Kabupaten Tabanan di Gedung I Ketut Maria Selasa (24/1/2023).

Tabanan, suaradewata.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan, secara resmi melantik 399 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Tabanan untuk Pemilu tahun 2024 mendatang di Gedung I Ketut Maria Tabanan, Selasa (24/1/2023).

 

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, Ketua KPU Kabupaten Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa menjelaskan bahwa ada 399 orang PPS yang dilantik. Dimana mereka bertugas di 133 Desa yang ada di Kabupaten Tabanan. Sehingga satu desa ada tiga orang PPS yang bertugas.

"Dan pelantikan ini sudah memenuhi kuota keterlibatan 30 persen perempuan. Dimana dalam satu desa ada satu sampai dengan dua orang anggota perempuan. Memang ada wajah lama tapi sebagian besar dari anggota PPS ini merupakan wajah-wajah baru," terangnya.

 

Ditambahkannya jika terkait aturan keterlibatan perempuan, pihaknya sudah menyesuaikan dengan topografi masing-masing Desa. Apabila topografi dari satu desa itu ada di kawasan pelosok, maka dipastikan petugas PPS nya adalah laki-laki karena pertimbangan waktu bertugas hingga 24 jam.

 

Dan setelah dilantik, anggota PPS ini diminta untuk segera merekrut anggota Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). Terlebih proses pemutahiran data sudah harus dilakukan. 

"Akan ada satu petugas PPDP pada satu TPS. Dan

saat ini rancangan kami dari KPU, di Tabanan ada sebanyak 1.600 TPS. Tapi jumlah TPS bisa jadi akan berubah, karena sesuai dengan peraturan maksimal pemilih dalam satu TPS mencapai 300 orang," sebut Weda Subawa.

 

Selain pengambilan sumpah, pelantikan PPS ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas. "Dan jika nanti dalam prosesnya terbukti ada PPS yang terlibat permainan dengan Parpol atau peserta pemilu, maka akan dikenakan sanksi berupa pemberhentian dan langsung digantikan oleh PPS nomor urut dibawahnya tanpa melakukan seleksi lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya yang turut hadir dalam pelantikan itu berharap seluruh anggota PPS agar memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas wewenang dan kewajibannya. "Ini adalah tugas berat yang harus dipikul oleh seluruh pihak, terutama anggota PPS yang merupakan ujung tombak Pemilu di Desa," tegasnya. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER