Program Monkey Feeding Akan Menjadi Inovasi Baru di DTW Sangeh 

  • 06 Januari 2023
  • 19:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2283 Pengunjung
Ketua Desa Wisata Sangeh Ida Bagus Gede Pujawan, foto : Angga

Badung, suaradewata.com - Guna mengembangkan inovasi baru di Daya Tarik Wisata (DTW) Sangeh Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal, Desa Wisata Sangeh akan membuat program Monkey Feeding. Program Monkey Feeding ini merupakan trobosan terbaru Desa Wisata Sangeh yang akan dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke DTW Sangeh.

Ketua Desa Wisata Sangeh Ida Bagus Gede Pujawan mengatakan, kini DTW Sangeh telah memiliki program Monkey Feeding, kata ia, kegiatan ini merupakan atraksi memanggil seluruh kera di hutan Sangeh dan langsung memberi makan. 

"Jadi kita sudah punya progam yang namanya Monkey Feeding (memberikan makan monyet). Atraksi unik ini akan kita lakukan setiap jam 11 siang. Dimana nanti nyambungnya kita jual paket ini jam 11 siang wantilan desa akan kita rubah menjadi restoran desa," ungkap Ida Bagus Gede Pujawan saat ditemui di Grya Telaga Banjar Batusari Sangeh, Kamis, (05/01/2023). 

Inovasi trobosan ini akan disajikan kepada wisatawan yang berkunjung ke DTW Sangeh. Dengan harapan pengunjung bisa lebih lama menikmati view yang disuguhkan d DTW Sangeh. "Kita tidak mau ada pariwisata yang datang ke DTW Sangeh itu hanya sebagai lintas wisata. Contoh tamu datang hanya melihat hutan dan monyet terus pulang.  Jadi bagaimana Greet kita untuk menahan agar tamu atau tourism tertahan 3 jam, sehingga atraksi inilah yang kita jual".

"Setelah 30 menit memberikan makan monyet kita akan ajak tamu itu keliling wilayah hutan. Habis itu kita giring mereka menuju ke restoran Desa, dimana kita sudah siapkan disana prasmanan," pungkasnya.

Selain itu, Desa Wisata Sangeh juga akan menyajikan sebuah event besar yang bernama Sangeh Festival (SANGFEST) di DTW Sangeh. SANGFEST ini merupakan sinergitas Perbekel Desa Sangeh dengan Bendesa Adat Sangeh dan Bendesa Adat Gerana. Penganggaran biaya SANGFEST ini berasal dari Perbekel Desa Sangeh yang kedepannya wajib dianggarkan tiap tahun. Karena Budaya Festival Sangeh yang bertajuk Panca Kerthaning Bhuwana akan menjadi Event of the Year di Desa Wisata Sangeh Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Bali. 

Panca Kerthaning Bhuwana ini kata Ida Bagus Pujawan merupakan wujud syukur masyarakat Sangeh dengan adanya hutan dan satwa monyet, sehingga masyarakat bisa sejahtera atas DTW Sangeh ini. Dalam SANGFEST ini akan menyajikan kolaborasi kuliner festival, barong festival dan gebogan festival yang dikemas 1 hari penuh. 

"Konsep itu adalah berbagi buah bersama monyet, dimana gebogan buah kita pawaikan 8 Banjar dari Mumbul menuju ke hutan Sangeh dan sembahyang bersama kemudian gebogan buah itu kita jejer dari timur sampai barat. Pengunjung boleh memberikan satwa monyet buah dan boleh ikut dimakan. Atraksi itu akan ada setiap tahun di Minggu awal pertama di bulan Juli. Tahun ini tanggal 1 Juli Sangeh Festival," ujarnya seraya menyebutkan segala bentuk inovasi Desa Wisata Sangeh selalu disupport oleh Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa demi kemajuan Desa Wisata Sangeh itu sendiri.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER