Wabup Wayan Diar Harapkan Petani Mengarahkan Usaha Berorientasi Agribisnis, Ini Tujuannya...

  • 13 Desember 2022
  • 20:20 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1417 Pengunjung
Wabup Wayan Diar saat melantik Pengurus KTNA Kecamatan se-Kabupaten Bangli, Selasa, (13/12). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar menyatakan selama ini kesejahteraan kehidupan petani dirasakan masih sangat kurang. "Pendapatan petani selalu berfluktuasi, sehingga petani perlu dimotivasi mengarah usaha yang berorientasi pada agribisnis, agroindustri dan agrowisata," ungkap Wabup Wayan Diar saat melantik  Pengurus Kontak  Tani dan  Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan se-Kabupaten Bangli, Selasa, (13/12/2022) di Ruang Pertemuan Kantor Dinas PKP Kabupaten Bangli.

Disampaikan, saat pandemi covid-19, sektor pertanian masih bisa bertahan dalam menopang ekonomi masyarakat. Banyak pekerja yang di PHK melirik pertanian sebagai alternatif penyambung hidup. Mereka adalah kaum intelektual yang menguasai informasi dan teknologi sehingga mampu menciptakan terobosan baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh para petani konvensional. "Hal-hal seperti inilah yang patut kita kembangkan sehingga kesejahteraan petani bisa ditingkatkan,”katanya. 

Maka dari itu, dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani, KTNA diharapkan sebagai organisasi yang menjembatani para pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengadopsi inovasi teknologi pertanian yang mempunyai keunggulan kompetitif, melalui sistem usaha agrobisnis, agroindustri dan agrowisata untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.  “Melalui kesempatan ini, kita berharap KTNA dan  petani Bangli untuk mendukung mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli melalui pola pembangunan berencana semesta menuju Bangli Era Baru,”pintanya.

Sementara Ketua KTNA Kabupaten Bangli I Nengah Sandiyasa mengatakan, pemilihan  pengurus KTNA di masing-masing kecamatan dilaksanakan dari  tanggal 31 Oktober 2022 hingga 4 November. Dan, setelah semua terbentuk, maka dilakukan pengukuhan sekarang ini. “Kita harap mereka nanti bisa memberikan motivasi kepada petani untuk melirik usaha pertanian agar  sektor pertanian bisa lebih maju,”sebutnya.  Ditambahkan, KTNA Bangli di tahun 2023 nanti akan mengikuti Penas Nasional di Sumatera Utara. Untuk itu, pihaknya berharap agar pemerintah memberikan anggaran kepada KTNA untuk bisa mengikuti Penas tersebut. ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER