Kerja Nyata BIN Kembangkan Olahraga Nasional di Era Digital

  • 08 Desember 2022
  • 18:25 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1389 Pengunjung
Ilustrasi, Foto/Suber: Google

Badan Intelijen Negara (BIN) terus meningkatkan kerja nyatanya dalam mengembangkan olehraga nasional di era serba digital seperti sekarang ini. Pembentukan PORBIN yang di dalamnya meliputi cabor esports hingga pelantikan PBESI yang diketuai oleh Budi Gunawan menjadi langkah awal untuk mengantarkan esports Tanah Air terus berkancah di ranah dunia.

Saat ini Indonesia sudah resmi memiliki asosiasi yang menjadi wadah khusus untuk cabang olahraga esports, yakni Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang tentunya mampu terus meningkatkan prestasi para atlet dalam olahraga elektronik tersebut hingga di kancah internasional.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang juga sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum PBESI, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan pun langsung memiliki banyak langkah strategis untuk terus membangun olahraga esports ke arah yang lebih baik.

Dirinya bahkan langsung membuat segenap regulasi untuk mengatur Esports agar ke depan bisa jauh lebih jelas dan terarah, sehingga mampu pula mencatatkan banyak prestasi.

Budi Gunawan menyatakan bahwa PBESI harus mampu mengahdapi segala tantangan untuk terus mengembangkan esports Indonesia.

"PB Esports harus mampu menghadapi tantangan dan kendala, dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya pembangunan Esports training center yang berstandar internasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketum PBESI tersebut menerangkan bahwa ternyata esports memiliki segudang manfaat, sehingga tidak bisa jika dianggap sebagai sebuah permainan belaka.

"Selain aspek permainan, e-sports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda dalam berpikir strategis, cerdas dan kreatif, analisis dalam menyusun strategi, motivasi dan kerja sama tim, serta kelincahan dan ketahanan fisik," jelasnya.

Pengarahan dan pembinaan generasi muda penggemar esports di Indonesia menjadi hal yang sangat tepat menurut Budi Gunawan jika ingin menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di era serba digital seperti sekarang ini.

"Dapat kita bayangkan, para anak muda Indonesia yang menggemari e-sports jika diarahkan dan dibina dengan tepat dapat menjadi SDM unggul di berbagai bidang. Seperti militer, dokter, ahli IT, pengusaha, rekayasa genetik, dan lain-lain. Ini akan membawa Indonesia menjadi negara maju, kuat, dan disegani," ucapnya.

Adanya kepengurusan PBESI, baginya menjadi sebuah momentum terbaik untuk terus mengawal perkembangan dunia esports menjadi semakin baik dengan dampaknya pula pada perkembangan berbagai sektor strategis lainnya.

"Pelantikan Pengurus PB E-Sports merupakan momentum untuk membawa perkembangan yang semakin positif di Indonesia. Dan dihadapkan memiliki dampak besar bagi kemajuan bangsa di berbagi sektor strategis. Seperti pertahanan keamanan, teknologi, ekonomi kreatif, digital, dan pariwisata," ucap Kepala BIN tersebut.
Secara khusus, Badan Intelijen Negara (BIN) sendiri juga telah meluncurkan Persatuan Olahraga BIN (PORBIN) yang di dalamnya terdapat 8 cabang olahraga, salah satunya adalah esports.

Terkait hal tersebut, Budi Gunawan mengaku bahwa tujuan pembentukan PORBIN memang untuk peningkatan prestasi para atlet nasional.

"Untuk dapat terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, sebagai salah satu bentuk kontribusi atlet kami membentuk Persatuan Olahraga BIN, yang terdiri dalam 8 cabang olahraga,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) yang juga telah dilantik sebagai Dewan Pembina PBESI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa memang regulasi hingga pelaksanaan liga harus tertata dengan jelas.

Hal tersebut baginya akan berkorelasi dengan kemampuan para atlet esports untuk terus mencetak prestasi.

"Ini yang harus ditata dari segi regulasi sampai pelaksanaan liga, dan tentunya bagaimana meningkatkan prestasi dari atlet esports Indonesia," kata Sandiaga.


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER