Rekomendasi Menu Sarapan Mudah Dibuat dan Lezat

  • 14 September 2022
  • 17:40 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 2373 Pengunjung
Nasi uduk memiliki tambahan lauk seperti suwiran ayam, balado telur, abon sapi, telur iris, bawang goreng, sambal, dan juga kerupuk.

Lifestyle, suaradewata.com - Tahukah Anda bahwa sarapan pagi itu penting. Mengisi asupan di pagi hari tidak boleh dilewatkan agar Anda tidak lemas dan bisa beraktivitas hingga siang hari dengan maksimal. Bagi Anda yang bisa mual dan sering pusing di siang hari, salah satu penyebabnya mungkin karena Anda melewatkan asupan sarapan.

Menu sarapan yang sehat biasanya terdiri dari karbohidrat, protein, dan tentu saja serat. Kandungan ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat dan siap menghadapi hari. Jika Anda sedang diet, Anda bisa mengganti asupan tersebut dengan buah-buahan yang tinggi kalori dan vitamin. Selain itu, menu sarapan juga bisa disesuaikan dengan selera dan rasa.

Anda juga bisa memilih apakah menu sarapan tersebut membuat sendiri atau beli. Jika membuat sendiri, Anda bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan di Farmers Market via Blibli. Di jaman digital seperti sekarang, Anda tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Melalui ponsel pun bisa. Aplikasi berwarna biru yang satu ini juga lengkap dan tidak pernah mengecewakan konsumennya.

Akan tetapi, bila Anda sibuk dan tidak memiliki waktu memasak sarapan, Anda bisa saja membelinya. Ada banyak penjual menu-menu sarapan yang mangkal di pinggir jalan. Selain itu, harga yang dibanderol untuk seporsi menu sarapan pun sangat terjangkau.

Berikut beberapa contoh menu sarapan yang biasanya digemari oleh orang Indonesia:

1.    Nasi Uduk

Siapa tidak kenal dengan menu sarapan yang gurih dan lezat satu ini? Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan diberi garam serta ditambahkan beberapa rempah agar wangi dan terasa enak.

Selain nasinya yang special, nasi uduk memiliki tambahan lauk seperti suwiran ayam, balado telur, abon sapi, telur iris, bawang goreng, sambal, dan juga kerupuk. Di beberapa tempat bahkan ditambahkan potongan ketimun agar terasa segar.

Padu padan nasi dengan lauk dan topping di atas tentunya sangat memanjakan lidah para penggemarnya. Penjual nasi uduk sering ditemui di pinggir jalan. Para pedagang menyajikannya hangat-hangat. Harga seporsi nasi uduk biasanya dimulai dari 10 ribu rupiah saja. Cukup murah karena Anda juga tidak perlu repot menyediakannya.

2.    Lontong Sayur

Jika Anda ingin menyantap menu sarapan berkuah dengan rempah yang kuat, lontong sayur adalah jawabannya. Lontong sayur memiliki beberapa versi seperti Lontong Sayur khas Padang dan Lontong Sayur Khas Betawi, sedangkan orang Jogja dan Jawa Tengah justru terkenal dengan Lontong Opor karena kuahnya yang berwarna putih.

Lontong sayur padang rempahnya sangat beragam, memiliki tambahan Nangka dan juga cabai sehingga kuahnya berwarna merah. Selain itu, rasanya juga gurih. Anda bisa meminta tambahan telur bulat dan juga kerupuk Padang yang lebar dan berwarna pink.

Sedangkan Lontong Sayur khas Betawi rasanya relative lebih manis, meski warna kuahnya cenderung mirip, antara kuning atau kemerahan karena sama-sama memasukan cabai. Tambahannya pun kerupuk berwarna-warni. Keduanya disajikan dengan ketupat ataupun lontong yang padat.

3.    Nasi Pecel

Orang Jawa Timur memiliki selera yang berbeda. Menu sarapan yang terkenal di sana adalah nasi pecel. Menu ini berupa nasi putih yang ditambah dengan sayur-sayuran rebus seperti kunir, bayam, kacang panjang, lalu dituang bumbu pecel. Bumbu ini sendiri terbuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur bumbu seperti bawang putih, terasi, cabai, dan juga gula aren.

Untuk menambah kenikmatan, Anda juga bisa meminta telur dadar, telur ceplok, tempe mendoan, serta tahu goreng. Beberapa bahkan menyediakan perkedel sebagai tambahan lauk. Pecel yang lengkap juga biasanya ditaburi remukan peyek kacang.

Menyantap nasi pecel di pagi hari memang lezat. Anda tidak akan kesulitan mencari menu sarapan yang satu ini karena banyak penjualnya. Selain itu, harga seporsi nasi pecel tanpa lauk juga tergolong murah.

4.    Soto

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang terkenal dengan kuliner Soto. Anda bisa menemukan soto daging sapi atau soto daging ayam di sini. Setiap pedagang juga memiliki keunikannya masing-masing dan sama-sama lezat.

Soto adalah makanan yang terdiri dari nasi, kemudian dicampur potongan kubis, tauge, suwiran daging ayam atau daging sapi, potongan seledri, bawnag goreng dan disiram kuahnya yang bening. Rasa soto lebih ringan bila dibandingkan dengan lontong sayur.

Untuk menikmati soto, Anda bisa menambahkan sate usus, sate rempelo ati, tempe goreng, dan juga tahu goreng. Pada beberapa warung bahkan menyediakan babat serta iso yang dimasak khusus sehingga amat lezat jika dipadukan dengan kuah soto.

Rasanya yang lezat, ringan, menjadikannya sebagai salah satu menu favorit untuk sarapan. Terlebih, harganya juga cukup murah.

5.    Bubur Ayam

Bubur adalah beras yang diolah dengan sangat banyak air sehingga menjadi lembek. Untuk menghasilkan bubur lezat, Anda perlu menambahkan garam dan juga daun salam. Topping bubur ayam terdiri dari suwiran ayam, kacang kedelai goreng, daun bawang, dan bawang goreng serta kuah.

Ada dua jenis penikmat bubur ayam yakni bubur ayam diaduk dan bubur ayam tidak diaduk. Anda termasuk ke dalam golongan yang mana? Dua-duanya sama-sama lezat!

 

Nah, itulah rekomendasi menu sarapan yang bisa Anda coba untuk memulai hari. Mana yang jadi favorit Anda?

 

 

rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER