Pastikan Pelayanan Masyarakat Berjalan Baik, Bupati Gede Dana Gowes Sambangi Sejumlah OPD

  • 04 September 2022
  • 20:05 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1492 Pengunjung
Istimewa/suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Memulai aktifitas Krida, pada Jumat (2/9/2022) pagi dengan bersepeda, menjadi pilihan Bupati Karangasem, I Gede Dana. Berangkat dipagi buta Bupati Gede Dana gowes menyusuri jalan di beberapa wilayah di Padang Kerta hingga ke Kota Amlapura sembari memantau situasi dan aktifitas warganya, sebelum kemudian menyambangi sejumlah kantor pemerintahan di lingkungan Pemkab Karangasem guna menyapa ASN yang tengah melaksanakan kegiatan Krida Jumat pagi.

 

“Bersepeda pagi itu asyik, olahraga sekaligus berkelililing menghirup udara pagi! Tadi berangkat jam 5.30 pagi dari rumah, sekalian mampir ke sejumlah OPD mengecek kegiatan Krida Jumat pagi ASN disana,” ujar Gede Dana.

 

Kehadiran Bupati yang tiba-tiba dengan bersepeda tersebut, cukup mengagetkan para ASN yang tengah melaksanakan kegiatan Krida Jumat Pagi. Bupati langsung bergabung dengan ASN untuk bersama melaksanakan kegiatan Krida sembari berdialog dengan Kepala OPD dan ASN.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gede Dana mendorong ASN di lingkungan Pemkab Karangasem untuk terus meningkatkan displin dan semangat kerja. “Sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara, disiplin dan semangat kerja itu penting,” ucap Gede Dana. Namun menjaga kesehatan dan menghilangkan stress itu juga penting, salah satu yang paling sederhana adalah bersepeda.

 

Nah untuk itu Bupati Gede Dana mengajak ASN yang memiliki sepeda agar berangkat ke kantor menggunakan sepeda setiap Hari Jumat, utamanya ASN yang rumahnya tidak terlalu jauh dari kantor tempat mereka bekerja. Selain bisa mengurangi polusi kendaraan, kebiasaan ini menurutnya cukup bagus untuk menjaga kebugaran.

 

Berdasarkan literatur yang ada, menurutnya cukup banyak manfaat bersepada bagi tubuh. Selain bisa meningkatkan kekuatan otot bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Bersepeda juga bisa membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal. Karena bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme.

 

Dalam literatur, bersepeda juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, karena bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah menurun sehingga berefek positif penderita tekanan darah tinggi.

Bersepeda juga bisa membantu menurunkan risiko depresi, karena bersepeda memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi. Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain. Dan manfaat lainnya, bersepeda juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER