Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNN Badung Berikan Edukasi ke Pengunjung Pasar Senggol

  • 07 Agustus 2022
  • 18:35 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1548 Pengunjung
BNN Kabupaten Badung Berikan Edukasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba kepada Pengunjung Pasar Senggol Beringkit. foto: angga

Badung, suaradewata.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Badung memberikan edukasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) ke pengunjung Pada Senggol Beringkit, Sabtu malam, (06/08/2022). Edukasi tersebut diberikan guna mencegah peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Badung. 

Penyuluh BNN Kabupaten Badung, Ni Luh Putu Sarti mengatakan dalam edukasi yang diberikan pengunjung Pasar Senggol Beringkit adalah P4GN, yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Kata ia, penyalahgunaan narkoba membuat kecanduan yang tidak bisa disembuhkan. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyalahgunaan narkoba.  

"Pecandu narkoba tidak bisa disembuhkan. Jadi itu bahayanya penyalahgunaan narkoba," kata Luh Sarti kepada pengunjung Pasar Senggol Beringkit.

Pecandu narkoba sendiri akan terus kecanduan, sehingga tidak bisa sembuh dan akan terus mengkonsumsi narkoba. Untuk itu, dirinya juga mengajak masyarakat jika ada pecandu narkoba agar segera melapor ke BNN Kabupaten Badung.

"Untuk pecandu narkoba agar datang ke BNN Kabupaten Badung untuk dilakukan rehabilitasi. Rehabilitasi dilakukan di BNN tanpa biaya atau gratis," terangnya. 

Luh Sarti juga mengingatkan kepada masyarakat, jika ada permasalahan sendiri agar tidak salah cerita kepada siapapun. Pasalnya, jika salah cerita kepada siapapun dan ternyata yang diajak cerita ternyata bandar narkoba. Bandar narkoba tersebut akan mendapatkan target untuk mengedarkan narkoba. 

"Ini menjadi sasaran empuk bagi bandar narkoba. Jadi hati hati cerita kepada siapapun, karena kita tidak tahu siapa yang kita ajak cerita. Jangan jangan dia adalah bandar narkoba," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Luh Sarti memberikan cara jitu untuk mencegah penyalahgunaan narkoba yakni dengan langkah CERIA. Bahwa C nya adalah Cermat memilih pergaulan, E nya adalah Edukasi kepada masyarakat, R nya adalah Rajin sembahyang agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba, I nya adalah Inovatif dan kreatif serta A nya adalah ajak pecandu yang sudah terlanjur sebagai pecandu untuk melaporkan diri ke BNN Kabupaten Badung untuk kita lakukan Rehabilitasi.  

"Kenapa direhabilitasi, karena pecandu narkoba adalah korban dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga pecandu narkoba kita ajak untuk rehabilitasi," pungkasnya. 

Luh Sarti pun berharap, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pengunjung Pasar Senggol Beringkit. Berharap masyarakat dapat teredukasi dan dapat mencegah peredaran gelap narkoba.  

"Kami berharap, penyalahgunaan narkoba semakin tertekan dan tidak ada lagi yang menyalahgunakan narkoba. Kami juga berharap semua komponen bangsa berupaya bersinergi perang melawan penyalahgunaan narkoba sehingga terwujud masyarakat bersih narkoba (Bersinar) dan WarOnDrugs," harapnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER