Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekaa Barong Bangkung Kaung Basur Siap Ngelawang di Pasar Senggol Beringkit

  • 05 Agustus 2022
  • 18:55 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1308 Pengunjung
Sekaa Barong Bangkung Kaung Basur. foto : Angga

Badung, suaradewata.com - Sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya, Sekaa Barong Bangkung Kaung Basur siap mendukung dan ngelawang di Pasar Senggol Beringkit pada Sabtu malam, (06/08/2022). Hal itu diungkapkan oleh Ketua Sekaa Barong Bangkung Kaung Basur I Made Ari Wimbasara bahwa tampilnya barong bangkung di Pasar Senggol Beringkit merupakan langkah awal yang bagus guna melestarikan seni dan budaya.  

"Ini langkah awal yang bagus buat kedepannya. Kami siap ngelawang disana dan mendukung Pasar Senggol," ungkap Ari Wimbasara di rumahnya Banjar Pande Desa Mengwi Kecamatan Mengwi, Jumat, (05/08/2022).  

Ari Wimbasara menerangkan, selain biasanya ngelawang pada saat hari raya Galungan dan Kuningan. Dengan adanya kesempatan tampil di Pasar Senggol Beringkit, Barong Bangkung dapat disaksikan di hari-hari tertentu. Khususnya saat ini, Sekaa Barong Bangkung Kaung Basur yang dipimpinnya bisa disaksikan di Pasar Senggol Beringkit. 

"Jadi utamanya adalah bisa melestarikan barongnya. Jadi filosofi barong bangkung adalah untuk kekompakan karena berhubungan dengan seni ada gambelan, ada tari, topeng dan barong," terangnya. 

Untuk diketahui, Sekaa Barong Bangkung Kaung Basur ini berdiri sekitar bulan Agustus tahun 2017. Sebelum memiliki barong bangkung, Ari Wimbasara pernah ngelawang penari joged. Dan akhirnya, setelah memiliki dana, barulah memiliki barong bangkung.  

"Awal mula dari ngelawang joged di sekitar desa. Joged dulu setelah dapat dana baru membuat barong," pungkasnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER