Tertib Administrasi Kependudukan, Nyoman Kandel Fasilitasi Perekaman Data E-KTP

  • 01 Agustus 2022
  • 17:50 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1483 Pengunjung
Anggota DPRD Kabupaten Gianyar, I Nyoman Kandel memfasilitasi warga Desa Sebatu untuk melakukan perekaman data E-KTP. Foto: gus/sd

Gianyar, suaradewata.com - Menyerap aspirasi masyarakat terkait banyaknya warga di Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang yang belum memilik E-KTP, anggota Komisi I DPRD Gianyar, I Nyoman Kandel memfasilitasi perekaman data penduduk. Bekerjasama dengan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar, perekaman data E-KTP dilakukan di Kantor Perbekel Desa Sebatu, Tegallalang, Senin (1/8/2022).

Pentingnya administrasi kependudukan yang dimiliki setiap warga negara, selalu ditekankan oleh anggota DPRD Kabupaten Gianyar, I Nyoman Kandel di setiap kesempatan saat terjun ke masyarakat. Salah satu administrasi yang harus dimiliki adalah E-KTP. Untuk itu, dalam menanggapi usulan dari Perbekel Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang yang menginginkan warganya tertib administrasi, Nyoman Kandel memfasilitasi ratusan warga Desa Sebatu untuk melakukan perekaman data E-KTP.

Terkendala selama pandemi Covid-19, membatasi perekaman data kependudukan jemput bola oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Gianyar selama 2 tahun. Sehingga banyak masyarakat yang belum memiliki E-KTP terutama yang berada di pedesaan yang jauh dari Disdukcapil. Kesadaran masyarakat pun juga masih rendah untuk melakukan perekaman data jika tidak terdesak oleh kepentingan yang memerlukan identitas diri dan juga mekanisme pelayanan E-KTP.

Untuk itu, anggota Komisi I DPRD Gianyar, I Nyoman Kandel, setelah menerima usulan dari Perbekel Desa Sebatu, I Wayan Tangsi Asrama dan aspirasi dari masyarakat, memfasilitasi perekaman data dan pencetakan kartu kependudukan dengan mendatangkan tim dari Disdukcapil Kabupaten Gianyar. "E-KTP adalah layanan dasar adminsitrasi penduduk untuk melanjutkan semua aktivitas keadministrasian berikutnya," ujar Nyoman Kandel.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini berterima kasih kepada Bupati Gianyar, I Made Mahayastra yang telah memerintahkan OPD terkait untuk melakukan upaya jemput bola dalam administrasi kependudukan. Ia juga berharap, perekaman data jemput bola tidak hanya dilakukan sekali ini saja, tetapi berkelanjutan di tempat lain. "Bukan maksud kita memanjakan masyarakat tetapi fungsi dari pemerintah juga melayani masyarakat. Minimal sampai di kantor desa, sehingga datanya lebih akurat," pungkasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Sebatu, I Wayan Tangsi Asrama mengatakan, masyarakat Desa Sebatu sangat terbantu dengan perekaman data untuk E-KTP yang difasilitasi anggota DPRD, I Nyoman Kandel, karena Disdukcapil Giqnyar langsung merespon dengan cepat. "Dengan bantuan dari Pak Nyoman Kandel, warga kami tidak perlu jauh-jauh ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman data dan pencetakan E-KTP," kata Perbekel Sebatu.

Antusiasme tampak terlihat dari kedatangan ratusan warga Sebatu ke kantor desa untuk mencari E-KTP, terutama dari yang pemula atau pemohon baru yang berusia 17 tahun keatas."Data pemohon yang masuk sudah 120 orang, namun satu hari tim dari Disdukcapil hanya bisa melakukan perekaman dan pencetakan KTP hanya 60, saya harapkan besok bisa dilanjutkan lagi supaya tuntas," harapnya. gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER