Penutupan Bulan Bung Karno Disambut Antusias Masyarakat Buleleng

  • 01 Juli 2022
  • 17:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1377 Pengunjung
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana secara resmi menutup rangkaian acara Bulan Bung Karno yang mengusung tema "Adi Cita Danu Kerthi" itu pada Kamis, (30/6/2022),

Bulelengsuaradewata.com -Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana secara resmi menutup rangkaian acara Bulan Bung Karno yang mengusung tema "Adi Cita Danu Kerthi" itu pada Kamis, (30/6/2022), di Taman Bung Karno, Singaraja wilayah Kelurahan Sukasada,  Buleleng. 

Di hari puncak acara tersebut, diisi dengan pementasan para pemenang Lomba Puisi dan Lomba Pidato, begitu juga penampilan juara 1 Lomba Cipta Lagu Cagar Budaya 2022, penyerahan hadiah seluruh nominasi lomba serangkaian peringatan Bulan Bung Karno, serta penampilan Band Ignite dan Guest Star hari ini Bintang Band. 

Bupati Agus Suradnyana pada kesempatan itu mengatakan Bung Karno sebagai bapak proklamator telah mewariskan ajaran pokok, yaitu persatuan bangsa, serta sebagai komitmen dan upaya mewujudkan ajaran Trisakti Bung Karno. Malahan Pemerintah Provinsi Bali telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali. 

"Peringatan bulan Bung Karno ini dimaknai sebagai refleksi diri apa yang sedang dan akan dilakukan dalam implementasi kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris panitia kegiatan Bulan Bung Karno IV selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono mengatakan dalam satu bulan ini semua kegiatan mengacu pada tema Adi Cita Danu Kerthi dan subtema yang terkait ajaran trisakti Bung Karno, berdaulat dalam politik sosial, dan ekonomi. 

Adapun pelaksanaan kegiatan hari ini bersumber dari APBD Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2022 yang merupakan kolaborasi kegiatan dari Perangkat Daerah yang tergabung dalam Panitia Pelaksana Peringatan Bulan Bung Karno ke IV Tahun 2022 di Kabupaten Buleleng.

"Dengan adanya bulan Bung Karno ini mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai jasa-jasa Bung Karno, serta merefleksilan dengan kehidupan sekarang dan mendatang," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Salah satu pengisi stand UMKM di RTH Bung Karno Kadek Juli Astami mengungkapkan rasa terimakasihnya untuk Pemerintah Kabupaten Buleleng karena sudah memberikan kesempatan dirinya sebagai pelaku UMKM untuk memperlihatkan produk yang dimiliki, 

Ke depan harapannya kegiatan seperti ini harus dilanjutkan karena bisa mendukung produktivitas UMKM yang nanti nya juga sebagai wujud dukungan peningkatan perekonomian daerah. 

"Semoga kegiatan seperti sering diadakan sebagai sarana hiburan kepada masyarakat, dan memfasilitasi produk UMKM agar semakin berkembang," pungkasnya. 

Untuk diketahui, hasil dari pengumuman lomba hari ini meliputi Lomba Pidato antar Kader PKK se-Kecamatan Kabupaten Buleleng Juara I  diraih I Gusti Ayu Trisna Putri  (Kecamatan Banjar), Juara II diraih Komang Susanti  (Kecamatan Busungbiu), Juara III diraih Made Ayu Widiasari, S.Pd. (Kecamatan Sukasada)

Kemudian Lomba Baca Puisi antar Kader PKK se-Kecamatan Kabupaten Buleleng Juara I diraih Putu Putri Adelia Safitri   (Kecamatan Banjar), Juara II diraih Made Dwi Susanti, S.Pd.B (Kecamatan Kubutambahan), Juara III  diraih Luh Putu Vony Hendriani (Kecamatan Buleleng). 

Untuk Lomba Fragmentari tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng Juara I diraih SMA Negeri 1 Singaraja, Juara II diraih SMA Negeri 4 Singaraja, Juara III  diraih SMA Negeri 3 Singaraja, Juara Harapan I diraih SMA Negeri 1 Sukasada. 

Terakahir Lomba Cipta Lagu “Cagar Budaya Buleleng” se-Kabupaten Buleleng Juara I diraih Hikari, Juara II  diraih Candra Gurnitha, Juara III diraih  Margarani. sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER