Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jelang Idul Adha, Bupati Tabanan Melepas Calon Jamaah Haji Kabupaten Tabanan

  • 22 Juni 2022
  • 22:20 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1377 Pengunjung
keterangan foto :Menyambut Hari Raya Suci Idul Adha, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M memimpin Pelepasan Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kabupaten Tabanan tahun 1443H / 2022 M, di Ruang Rapat Lantai III, Kantor Bupati Tabanan, Rabu (22/6) ; Sumber Foto : Humas Pemda Tabanan

Tabanan, suaradewata.com – Menyambut Hari Raya Suci Idul Adha, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M memimpin Pelepasan Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kabupaten Tabanan tahun 1443H / 2022 M, di Ruang Rapat Lantai III, Kantor Bupati Tabanan, Rabu (22/6)

Dengan didampingi oleh, Sekda, Para Asisten Sekda dan Para OPD di lingkungan Setda, Jajaran Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Tabanan, Ketua MUI Kabupaten Tabanan, Ketua Takmir Masjid Agung, serta tokoh masyarakat terkait, acara pelepasan 13 orang calon Jamaah yang terdaftar di Tabanan, berasal dari Kecamatan Tabanan, Kediri dan Selemadeg berlangsung dengan tertib dan kondusif.

Calon Jamaah yang diberangkatkan pada hari ini, pasalnya telah menunggu selama 8 tahun lamanya dan sempat tertunda 1 tahun lagi dikarenakan dituasi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan bagi jamaah untuk berangkat. Tahun ini, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota haji bagi jemaah di Indonesia. Nantinya akan dilakukan pelepasan kedua bagi jamaah Tabanan pada Kamis, 23 Juni 2022 di Masjid Agung Al Mujahidin Tabanan dan tergabung dalam kloter 20 SUB Embarkasi Surabaya untuk berikutnya diberangkatkan ke Arab Saudi pada 24 Juni 2022.

Sebagaimana yang dapat diketahui, Ibadah Haji merupakan sebuah Ibadah yang dijadikam salah satu dari lima pondasi (rukun) yang dengannya akan tegak agama Islam. Ibadah haji merupakan kewajiban juga sekaligus kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT, dan sudah barang tentu setiap umat muslim mendambakan dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah. 

Bupati Tabanan, Sanjaya, Melakukan pelepasan kepada para calon Jamaah dengan ungkapan suka cita dan rasa syukur. “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tabanan, dengan suka cita dan turut berbahagia mengucapkan selamat akan diberangkatkannya calon jamaah haji Kabupaten Tabanan tahun 1443H / 2022M ke Tanah Suci” Ungkapnya. 

Lebih lanjut, pihaknya juga tetap menghimbau kepada para calon jamaah agar terus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin. Sehingga keseluruhan ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik dan kondusif. Terlebih kepada para calon jamaah yang telah memasuki usia lanjut, agar semakin bijaksana untuk saling melindungi. Serta dapat mengkondisikan diri dalam meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum, dan istirahat yang cukup sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban, rukun, serta sunnah ibadah haji. 

“Demikian pula dengan budaya tolong-menolong dan saling menjaga di tanah suci, saya harap bapak-ibu dapat memperluas ukhuwah islamiyah dengan sesama jemaah, sebagai bentuk iman kepada Allah SWT, yang hendaknya diwujudkan dengan senantiasa menjalin tali persaudaraan, terutama dengan sesama muslim” Ujar Sanjaya dalam sambutannya. Sesama jamaah dalam rombongan adalah keluarga senasib sepenanggungan, dikatakan Sanjaya, sehingga hendaknya harus disadari untuk tidak memprioritaskan individualitas dan mengedepankan kepentingan bersama. 

Tak tertinggal, di akhir sambutannya, Sanjaya mendoakan para jamaah agar senantiasa selamat, sentausa, berbahagia, serta menitipkan doa untuk para calon jamaah haji yakni untuk mendoakan Kabupaten Tabanan, selain berdoa untuk diri dan keluarganya, “Agar Kabupaten Tabanan kita tercinta, senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, terbebas dari bencana dan mampu mengurai berbagai macam permasalahan yang tengah dihadapi dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi, Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM)” tambahnya. 

Menanggapi himbauan Bupati Tabanan, Ida Bagus Putu Arsana, SE. SAg.Msi selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tabanan ungkapkan terima kasihnya utamanya kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh tahun 2022. 

Pihaknya menyampaikan Penyelenggaraan Ibadah haji diletakkan atas prinsip-prinsip; mengedepankan kepentingan jamaah, memberikan rasa keadilan dan kepastian, efisiensi dan efektifitas, transparansi dan akuntabilitas, profesionalitas dan nirlaba, dan prinsip-prinsip tersebut direfleksikan dalam semua kegiatan terkait dengan penyelenggaraan haji, baik dalam bentuk pembinaan, pelayanan dan perlindungan. “Semoga Ibadah Haji Kabupaten Tabanan sehat, mabrur dan barokah, dan selamat menunaikan ibadah dan semoga menjadi haji mabrur” tutupnya. rls/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER