Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, KPU Tabanan Gelar Nyegara Gunung

  • 13 Juni 2022
  • 15:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1367 Pengunjung
Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa tengah mempersiapan ruangan rapat kantor KPU Tabanan yang akan digunakan menyaksikan peluncuran tahapan pemilu 2024 secara daring

Tabanan, suaradewata.com – Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada Selasa, 14 Juni 2022 besok. Peluncuran tersebut dilakukan langsung oleh KPU RI di Jakarta diikuti oleh KPU Provinsi se Indonesia secara luring, sementara KPU Kabupaten Kota seluruh Indonesia akan mengikuti acara tersebut secara daring (dalam jaringan) dari kantor masing-masing. Namun sebelum acara yang dimulai pukul 20.00 wita tersebut KPU Tabanan pada pagi harinya menggelar persembahyangan dengan konsep Nyegara-Gunung, yakni dengan melakukan persembahyangan di tiga pura besar yakni Pura Luhur Batukaru Kecematan Penebel, Pura Puser Tasik Kota Tabanan dan Pura Luhur Tanah Lot Kecamatan Kediri, Tabanan. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa disela-sela persiapan ruangan peluncuran pemilu serenrak di Kantor KPU Tabanan, Senin, (13/06/2022).

Dijelaskan Weda Subawa hasil rapat pleno KPU Tabanan, untuk peluncuran tahapan pemilu 2024 akan dimulai dengan persembahyangan dengan konsep Nyegara Gunung pada pagi harinya, setelah itu malamnya barulah mengikuti acara peluncuran secara daring. “Hal ini menjadi kesepakatan kita dalam pleno, karena peluncuran tersebut bertepatan dengan hari raya Purnama, jadi sekalian kita sembahyang bersama untuk mendoakan agar pemilu serentak 14 Pebruari 2024 mendatang berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya.

Dia juga mengaku sudah membagi tugas untuk semua komisioner dan jajaran staf untuk melakukan persembahyangan dimasing-masing pura yang ditentukan. Untuk di Pura Batukaru Penebel akan dipimpin langsung Weda Subawa dengan mengajak beberapa staf, begitu juga untuk dipura Puser Tasik Kota Tabanan dipimpin oleh Komisioner Ni Putu Suaryani dan I Ketut Sugina dengan mengajak staf, sedangkan untuk di Pura Luhur Tanah Lot Kediri akan dipimpin oleh Komisoner I Wayan Sutama dan Ni Luh Made Sunadi dan staf. “Nanti kami bersama-sama berangkat dari kantor KPU Tabanan ke masing-masing pura tersebut, selanjutnya tirta (air suci) di masing-masing pura tersebut akan kita satukan dan linggihan (letakkan) di Padmasana Kantor KPU Tabanan,” bebernya.

Setelah itu barulah dilakukan persembahyangan bersama di Padmasana Kantor KPU Tabanan guna memohon keselatan, dan yang terpenting mendoakan agar pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar. “Malamnya barulah kami akan mengikuti peluncuran secara dari dari kantor KPU Tabanan secara daring dan kita mengundang para stake holder mulai dari Muspida, Bawaslu hingga partai politik,” beber Weda Subawa disela-sela menyiapkan ruangan untuk menyaksikan peluncuran tahapan pemilu serentak 2024 di ruang rapat kantor KPU Tabanan. rls/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER