KONI Buleleng Gelar Lomba Gerak Jalan Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 77

  • 05 Juni 2022
  • 17:40 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1551 Pengunjung
suasana Lomba Gerak Jalan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 77. Foto: sad

Buleleng, suaradewata.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang sedianya setiap tahun dirayakan dengan gerak jalan. Namun oleh karena pandemi covid-19, selama dua tahun perayaannya ditiadakan. Namun kini di Tahun 2022, KONI Kabupaten Buleleng kembali berencana menggelar lomba gerak jalan serangkaian HUT Kemerdekaan RI yang ke 77.  

Hal ini terungkap, saat Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja didampingi Kadisdikpora Buleleng, Made Astika dan Kadis Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan pada Kamis (2/5/2022) siang lalu, menyampaikan keputusan dan kejelasannya melalui jumpa pers di sekretariat KONI Buleleng. 

“Kita memastikan penyelenggaraan lomba gerak jalan, setelah mengantongi surat izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng. Dan juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres Buleleng, Dandim 1609/Buleleng. Selain itu pula, kita di suport Bupati Buleleng dan Sekda Buleleng,” jelasnya.

 

Iapun menegaskan sesuai himbauan Kapolres Buleleng dalam penyelenggaraan gerak jalan, seluruh peserta lomba harus sudah mendapatkan vaksin covid-19 dosis III (booster) kategori dewasa dan anak SD dan SMP dosis II. Hal ini untuk memastikan kembali, tidak ada penularan covid-19 dalam kegiatan yang melibatkan orang banyak.  

“Kita rinci agenda lomba gerak jalan yang terdapat 4 kategori, diantaranya untuk lomba gerak Jalan tingkat SD menempuh rute 8 kilometer akan digelar pada Senin, 8 Agustus 2022 dan tingkat SMP akan digelar pada Selasa, 9 Agustus 2022. Gerak jalan 17 kilometer putri untuk tingkat SMA/SMK, mahasiswa, umum, dan dinas/badan/BUMD akan digelar pada Rabu, 10 Agustus 2022. Dan untuk gerak jalan 45 kilometer putra SMA/SMK, mahasiswa, umum, dinas/badan/BUMD akan digelar pada Sabtu, 13 Agustus 2022, dengan tiga etape yang mengambil start di lapangan Desa Celukan Bawang dan finish pada 14 Agustus 2022 pagi di GOR Bhuana Patra Singaraja. Sedangkan, gerak jalan kocak atau kreatif untuk umum pada Kamis, 11 Agustus 2022."  urai Wiratmaja.  

Disebutkan juga bahwa seluruh anggaran lomba gerak jalan, bersumber dari dana hibah APBD Buleleng. Dalam ajang tahunan KONI Buleleng ini akan memperebutkan hadiah sebesar Rp 800 juta. 

“Penyelenggaraan lomba gerak jalan dan meningkatnya hadiah setiap tahunnya juga merupakan komitmen dan perhatian dari Bupati Buleleng kepada bidang olahraga. Dari tahun 2017 hingga terakhir dilaksanakan pada tahun 2019, hadiahnya terus meningkat. Malahan pada lomba sebelumnya untuk kategori dewasa 45 kilometer hadiahnya ditambah dari Rp 35 juta menjadi Rp 50 juta,” ungkap Wiratmaja. 

Dalam pelaksanaan lomba gerak jalan, ucap Wiratmaja panitia pelaksana memberikan kesempatan kepada sekolah maupun kelompok masyarakat umum untuk mendaftarkan pesertanya yang dibuka mulai 11 Juli - 28 Juli 2022 mendatang. Pendaftaran akan dibuka melalui online dengan mengisi google form yang akan disiapkan panitia. 

Wiratmaja menegaskan peserta wajib tervaksin covid-19. Artinya peserta yang akan mengikuti lomba wajib mendapatkan vaksin covid-19 lengkap untuk anak-anak dan vaksin dosis ketiga untuk dewasa. 

“Kewajiban peserta untuk divaksinasi menjadi persyaratan khusus dalam lomba gerak jalan kali ini. Peserta dari tingkat SD hingga SMP wajib vaksin lengkap dua kali. Sedangkan, untuk dewasa dari SMA/SMK hingga kategori umum wajib sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster covid-19. Dimana persyaratan khusus ini, sebagai upaya untuk memenuhi protokol kesehatan (prokes). Dalam hal ini, kita berharap tercapainya target vaksinasi hingga dosis ketiga bisa terpenuhi bahkan terlampaui,” tandasnya. 

Sementara itu ungkapan yang sama disampaikan Kadisdikpora Buleleng Made Astika dan Kadis Kominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan. Mereka ini mengapresiasi penyelenggaraan lomba gerak jalan serangkaian HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 di Tahun 2022, yangmana selama dua tahun ditiadakan lantaran pandemi covid-19. 

Kadiskominfo Suwarmawan menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaran lomba gerak jalan Tahun 2022. Hal ini dikarenakan lomba gerak jalan yang sudah menjadi tradisi, dan vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19.  

“Lomba gerak jalan ini, sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Buleleng. Kita memberikan apresiasi kepada KONI Kabupaten Buleleng, karena sudah berani mengambil tindakan jauh-jauh hari menyampaikan kegiatan lomba gerak jalan ini,” ujarnya.

Namun demikian, ia meyakini walaupun pandemi belum berubah menjadi endemi, bukanlah suatu masalah untuk penyelenggaraan lomba gerak jalan tahun ini. Dengan persyaratan wajib vaksinasi, dapat membantu mencapai target yang telah ditentukan. Terutama booster yang belum mencapai 50 persen.  

“Kita pakai momentum lomba gerak jalan ini, untuk peserta yang ada termasuk yang berkecimpung di kegiatan secara bersama-sama memastikan diri sudah tervaksin booster,” pungkas Suwarmawan.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER