Ayu Mirah dan Arindra Dinobatkan Sebagai Jegeg Bagus Bangli 2022, Begini Harapan Bupati Sedana Arta 

  • 28 Mei 2022
  • 08:35 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1565 Pengunjung
Bupati Sedana Arta saat menghadiri grand final Jegeg Bagus Bangli 2022. Foto: SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Pegelaran grand final Jegeg Bagus Bangli tahun 2022, menobatkan A.A. Ayu Mirah Dwiyanti (21) sebagai Jegeg Bangli dan  peserta yang lolos sebagai Bagus Bangli 2022 adalah Made Arindra Riswana (20) asal Kecamatan Bangli. Grand final yang digelar di Alun-alun Bangli pada Kamis (26/5/2022) malam itu, dihadiri langsung Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE didampingi Wakil Bupati Bangli Wayan Diar,SST.Par., Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli Ny.Suciati Diar. Hadir juga, Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Wayan Sugiarta, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli Komang Pariarta, perwakilan Forkompinda Kabupaten Bangli, Jegeg Bagus Kabupaten/Kota se Bali, Jegeg Bagus Bali, serta undangan lainnya. 

Grand Final yang dilaksanakan di panggung utama alun-alun Bangli tersebut diikuti oleh 10 pasang finalis jegeg Bagus Bangli yang dinilai oleh 5 orang juri. Selanjutnya peserta yang lolos ini, akan mewakili Kabupaten Bangli dalam pemilihan jegeg Bagus Bali 2022 yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali. 

Kepala Disbudpar Bangli, I Wayan Sugiarta mengatakan pemilihan Jegeg Bagus Bangli merupakan ajang pemilihan duta pariwisata Kabupaten Bangli yang merupakan kegiatan tahunan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli. Dimana pemenang ajang ini nantinya akan mewakili Kabupaten Bangli dalam pemilihan jegeg bagus Bali di tingkat Provinsi Bali.  "Adapun tema dari Jegeg Bagus Bangli tahun 2022 ini adalah "Sahitya Yowana Wigati" yang berarti pemuda yang memiliki kerjasama / solidaritas dengan kontribusi yang nyata, tujuannya agar para pemuda dan pemudi yang terpilih memiliki rasa kebersamaan yang erat dengan kontribusinya yang nyata,khususnya untuk Kabupaten Bangli," ungkapnya. 

Pihaknya menambahkan pemilihan jegeg bagus tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dibidang pariwisata dan juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuh kembangkan sikap kreatif, inovatif, sportivitas, berwawasan luas dan berperilaku positif yang nantinya bermanfaat bagi diri sendiri masyarakat dan negara. Disampaikan pula, rangkaian kegiatan sudah dimulai dari bulan Februari 2022 dengan melaksanakan sosialisasi ke sekolah SMU/SMK, Universitas dan beberapa sekaha teruna di Kabupaten Bangli melalui media online maupun offline. 

Sementara Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,  menyampaikan ajang pemilihan jegeg bagus Bangli ini merupakan bagian pembinaan generasi muda Kabupaten Bangli dalam penghayatan nilai-nilai / wawasan kebudayaan dan kepariwisataan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan di Kabupaten Bangli. "Generasi muda sangat rentan dengan adanya pengaruh budaya luar baik mental, gaya hidup, penggunaan obat terlarang dan pergaulan bebas. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menangkal pengaruh negatif budaya luar tersebut.  Disamping itu juga dapat memupuk bakat dan prestasi , khususnya diharapkan membawa misi sebagai duta  Kabupaten Bangli dan mewakili jegeg bagus Bangli dalam grand final tingkat provinsi dan menjadi inspirasi generasi muda Bangli untuk tetap menjaga seni dan budaya leluhur yang adiluhung," ungkapnya.  

Lanjut Sedana Arta, selain cantik dan ganteng, jegeg bagus Bangli  diharapkan  memiliki kecerdasan (Brain), kecantikan atau ketampanan (beauty), dan sikap serta perilaku yang baik (behavior). "Kegiatan ini, kita harapkan juga dapat bermanfaat bagi generasi muda Kabupaten Bangli dan dapat menghindarkan hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan anak- anak kita serta dapat menjadi agen perubahan yang positif  serta mampu menularkan kegiatan positif di masyarakat," pungkasnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER