Hujan Deras Disertai Angin Kencang Porak Porandakan Beberapa Rumah di Desa Patas

  • 26 Mei 2022
  • 19:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1658 Pengunjung
salah satu rumah warga yang Porak Porandakan akibat Hujan Deras Disertai Angin di Desa Patas. Foto: sad

Buleleng, suaradewata.com - Beberapa titik di wilayah Kabupaten Buleleng mengalami bencana alam, akibat dari hujan deras disertai angin kencang yang telah mengguyur pada Kamis, (26/5/2022) siang. Seperti yang terjadi di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak. Di desa ini, terdapat beberapa rumah warga mengalami kerusakan akibat diguyur hujan dan angin kencang. 

Selain di Desa Patas, bencana alam juga terjadi di wilayah Kelurahan Kendran, Singaraja. Beberapa rumah dan 1 merajan mengalami kerusakan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun akibat dari kerusakan yang ditimbulkan ini, pemilik rumah dan merajan mengalami kerugian materiil. 

Data yang terhimpun kerusakan di Desa Patas, 1 unit dapur dan garasi mengalami rusak berat, 2 rumah mengalami rusak sedang dan 7 unit atap rumah serta 1 atap kamar mandi Pura Segara Desa Adat Patas mengalami rusak ringan.

 

Rinciannya, rumah milik Wayan Sulendra di Banjar Dinas Mekarsari, Desa Patas mengalami kerusakan berupa atap dapur dan garasi yang terbuat dari spandek mengalami rusak parah, dimana sebagian atap rumah terbuat dari genteng juga rusak, termasuk sebagian atap kamar mandi rusak, dengan total kerugian diperkirakan Rp 25 juta. Selanjutnya rumah Wayan Berata mengalami kerusakan pada atap dapur dengan total kerugian Rp 300 ribu. Lalu atap rumah dan dapur milik Wayan Sukerata juga mengalami kerusakan. Kemudian sebagian atap rumah dan sebagian atap gudang milik Wayan Sinta mengalami kerusakan, dengan total kerugian sekitar Rp 400 ribu. Kerusakan juga terjadi pada sebagian atap rumah beserta 1 unit parabola milik Ketut Suma, dengan total kerugian sekitar Rp 2 juta. Selanjutnya, sebagian atap rumah yang terbuat dari genteng milik Wayan Stuti juga mengalami kerusakan dengan kerugian Rp 300 ribu. Tidak hanya itu, sebagian atap rumah milik Ketut Mistra juga ikut mengalami kerusakan dengan kerugian sekitar Rp 300 ribu. Lalu kerusakan juga pada sebagian atap rumah milik Ketut Agung dengan kerugian Rp 300 ribu. Begitu juga kerusakan terjadi pada sebagian atap rumah dan dapur milik beberapa warga di Banjar Dinas Mekarsari. 

Dikonfirmasi, Camat Gerokgak, Made Juartawan mengakui memang terdapat beberapa atap rumah warga di Desa Patas yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang.  

“Peristiwa ini sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Buleleng, untuk ditindaklanjuti.” ujarnya. 

"Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, tapi hanya ada beberapa rumah warga mengalami kerusakan. Kalau total kerugian sekitar Rp31 juta lebih. Kejadian ini sudah dilaporkan ke BPBD agar ditindaklanjuti," tandas Camat Juartawan. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, terhadap beberapa korban yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana alam akan segera diberikan bantuan.  

"Dari BPBD Buleleng akan memberi bantuan, baik itu sembako maupun terpal. Tapi kami tetap mengimbau, dengan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini, masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati, sehingga tidak terjadi musibah," jelas Ariadi Pribadi. 

“Kita menghimbau, agar masyarakat tetap waspada dalam kondisi cuaca yang tidak menentu ini.” pungkasnya.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER