Giliran Petugas Bapas Karangasem Dapat Pelatihan Bahasa Isyarat

Bapas Kelas II Karangasem melakukan peningkatan keterampilan petugas dengan menggelar pelatihan bahasa isyarat. Foto: mot

Karangasem, suaradewata.com - Guna meningkatkan pelayanan Ramah HAM di seluruh bidang tugas dan fungsi bagi Klien Pemasyarakatan. Bapas Kelas II Karangasem melakukan peningkatan keterampilan petugas dengan menggelar pelatihan bahasa isyarat.

Pelatihan ini dikhususkan bagi seluruh pegawai Bapas Karangasem, baik ASN maupun PPNPN, bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Karangasem bertempat di Aula Nusantara Kantor Bapas Kelas II Karangasem, Rabu (25/05).

Kepala Bapas Kelas II Karangasem, I Kadek Dedy Wirawan Arintama, menegaskan bahwa pelatihan ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. 

Di mana pada Pasal 4 disebutkan tentang pelayanan inklusif bagi penyandang disabilitas yang berasaskan kesamaan hak, persamaan perlakuan/ tidak diskriminatif, serta ketersediaan fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

“Kami menyadari bahwa mempelajari bahasa isyarat tidaklah mudah, namun kami mantapkan hati untuk belajar sungguh-sungguh agar dapat melayani pengguna layanan penyandang disabilitas dengan kualitas prima,” ungkap Kadek Dedy.

Agenda pelatihan kali ini, kata Kang Dedy demikian ia akrab disapa memaparkan pelatihan kali ini pemberian materi terkait dasar-dasar bahasa isyarat dan individu berkebutuhan khusus (IBK) yang disampaikan oleh salah satu guru SLBN 1 Karangasem.

Antusiasme dan semangat para peserta pelatihan terlihat khususnya pada saat sesi praktek bahasa isyarat yang difasilitasi oleh Bapak Lucky, selaku staf pengajar di SLBN 1 Karangasem. 

“Kami memberikan apresiasi kepada Bapas Karangasem yang telah memberi ruang bagi pelatihan bahasa isyarat ini, semoga langkah ini bisa menjadi model bagi instansi pemerintah lainnya demi memberikan kesamaan layanan bagi para penyandang disabilitas,” ujar Mudi Dwikora Hesti, Kepala SLBN 1 Karangasem.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Bali, Gun Gun Gunawan mendukung penuh Bapas Karangasem dalam upaya meningkatkan kualitas layanan berbasis HAM. 

“Semoga pelatihan dasar bahasa isyarat ini bisa dikembangkan lagi menjadi sesi-sesi yang lebih intensif. Harapan petugas Bapas dapat benar-benar menguasai bahasa isyarat," tutur Gun Gun. 

Secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menegaskan bahwa peningkatan kualitas layanan pemasyarakatan dan layanan berbasis HAM sangat diharapkan.

"Ini sebagai bukti kinerja. Dan, Bapas Karangasem telah memulai langkah awal untuk terus memanusiakan pengguna layanan, lanjutkan," singkat Anggiat Napitupulu.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER