Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pohon Sikas Alun - Alun Gianyar Merana Terserang Penyakit

  • 17 Mei 2022
  • 12:05 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1736 Pengunjung
Pohon sikas yang berada di Alun-Alun Gianyar terserang penyakit yang menyebabkan daun rusak dan rontok. Foto : gus/sd

Gianyar, suaradewata.com - Puluhan tanaman hias jenis Sikas Revoluta yang ada di Alun-Alun Gianyar terancam kehidupannya. Beberapa dari tanaman hias yang berharga mahal ini terserang pemyakit yang menggerogoti daun hingga habis.

Dari pantauan di lokasi, Selasa (17/5/2022), tanaman hias yang masih kerabat dari Pakis Haji ini banyak yang mengalami kerusakan pada daun. Bahkan ada yang sampai tersisa batangnya saja. Anehnya, kerusakan akibat hama ini hanya menyerang tanaman sikas revoluta, sementara tanaman lain masih tampak sehat.

Menurut salah satu penghobi dan penjual tanaman hias yang ditemui, penyakit yang menyerang tanaman sikas tersebut berasal dari serangan kutu Aulacaspis yang menyebabkan daung menguning dan membusuk. Jika hama kutu terjadi terus menerus akan menghambat pertumbuhan tanaman bahkan menyebabkan kematian pohon sikas. "Serangan berat yang terus menerus dapat menyebabkan kematian tanaman dalam rentang waktu 2-3 bulan," terangnya.

Upaya pencegahan perlu dilakukan agar hama ini tidak menyebar lebih luas, lanjutnya. "Biasanya pemberian insektisida adalah solusi yang dilakukan, namun kurang efektif. Harus lebih teliti dalam penggunaan insektisida," tegasnya.

Tidak hanya di Alun-Alun Gianyar, pohon sikas yang terserang penyakit juga terjadi di taman yang ada di Pasar Rakyat Gianyar. Pohon sikas yang berada di taman sebelah timur pasar tersebut ada yang sudah kehilangan daun dan batangnya.

(Pohon sikas yang berada di area eksternal sebelah timur Pasar Rakyat Gianyar, Foto : gus)

Seizin Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gianyar (PUPR) Wayan Karya, Kasi Bagian Umum dan Kepegawaian, AA Istri Widya Adnyani saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sedang mendata kerusakan yang terjadi pada tanaman sikas tersebut. Dan jika ada penggantian masih ada dalam tanggungjawab penyedia (kontraktor,-red) yang membangun Alun-Alun Gianyar dan Pasar Rakyat Gianyar. "Masih sedang kami koordinasikan dengan penyedia, karena masih dalam masa kontrak pemeliharaan," ujarnya.

Sementara itu, sumber dari kontraktor PT Tunas Jaya Sanur saat dikonfirmasi mengenai perawatan dan penggantian tanaman jika terjadi kerusakan mengatakan, waktu serah terima pekerjaan sudah jelas dalam klausul Berita Acara Serah Terima. "Perawatan sudah menjadi tanggungjawab pengelola, untuk jelasnya bisa konfirmasi ke Dinas PUPR," jawabnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER