Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Juli 2022, Patung Bung Karno di Catus Pata Kediri Diganti Patung Wisnu Murti

  • 10 Mei 2022
  • 19:50 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 6303 Pengunjung
Patung Bung Karno di Catus Pata Bypass Ir. Soekarno, Kediri, Tabanan. Foto : GIN/Suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Patung Bung Karno di Catus Pata Jalan Bypass Ir. Soekarno, Kediri, Tabanan sebentar lagi akan direlokasi. Selanjutnya partung Wisnu Murti pun akan dikembalikan ke tempatnya semula. Jika tidak ada halangan, pengerjaan akan dimulai awal bulan Juli 2022 dan ditargetkan rampung pada akhir November 2022.

 

Plt Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan, Gusti Ngurah Oka Kamasan menjelaskan bahwa relokasi patung Bung Karno ini merupakan bagian dari revitalisasi dua ruang terbuka hijau di Tabanan yakni Lapangan Alit Saputra dan Taman Bung Karno. Dimana proyek itu pun akan segera masuk tahap lelang (tender).

 

"Dan saat masih dalam proses review DED. Diharapkan bulan Mei sudah rampung sehingga bisa dilakukan proses lelang di bulan Juni mendatang," ungkapnya Senin (9/5/2022).

 

Dirinya menambahkan jika patung Bung Karno akan direlokasi dan  patung Wisnu Murti akan dibuatkan patung baru di Catus Pata Bypass Ir. Soekarno alias ditempatnya semula. "Patung Wisnu Murtinya akan dibuatkan yang baru, tidak memakai patung lama, dan akan ditata menjadi lebih baik lagi," lanjutnya. 

 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan jika selain relokasi dan penataan pada dua ruang terbuka hijau tersebut, revitalisasi juga akan dilakukan pada gedung Kantor Dinas Koperasi dan UMKM serta salah satu gedung ruang di Kantor Dinas PUPRPKP. Dimana proyek itu akan mulai dikerjakan bersamaan. “Dan itu seluruhnya masih dalam proses review DED,” imbuhnya.

 

 

Sebelumnya, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya telah memastikan perihal relokasi patung Bung Karno ke Taman Bung Karno. Namun masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut terkait dengan penempatannya agar sesuai dengan estetika. 

 

Anggaran penataan Taman Bung Karno ini, berasal dari BKK Propinsi Bali sesuai dengan usulan yang diajukan sebesar Rp 1 Miliar, sedangkan untuk kegiatan relokasi patung Bung Karno sebesar Rp 1,9 Miliar dari APBD Tabanan termasuk membangun kembali patung Wisnu Murti ditempat semula. 

 

Dengan direlokasinya Patung Bung Karno ke Taman Bung Karno, maka akan lebih melengkapi keberadaan dua patung pahlawan yang sudah terpasang yakni Gajah Mada dan Kebo Iwa. Tiga pahlawan ini akan aka menjadi ikon tentang spirit kepahlawanan. “Sejatinya konsep ini sudah dirancang lama dengan estetika yang dibutuhkan, dimana ditengah kondisi sesak ini ada ruang terbuka di Kota Tabanan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan masyarakat,” ujar Bupati Sanjaya beberapa waktu lalu. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER