Kendati Tes Antigen Negatif, Tes Ulang Lagi 10 Hari Kemudian

  • 08 Mei 2022
  • 21:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1416 Pengunjung
Iklan Himbauan Prokes Covid-19 dari Kemenkes RI. Foto: istimewa

Buleleng,suaradewata.com - Pasca liburan dan cuti  bersama serangkaian Hari Raya IDUL FITRI 1443 Hijriah, saatnya para pemudik balik untuk melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.

Terhadap hal arus balik mudik ini, dalam perjalanannya sudah barang tentu akan ada tes antigen atau tes antibodi. Hal itu dilakukan, guna memastikan tubuh yang bersangkutan tidak terkonfirmasi covid-19.

Terhadap hal ini dan sesuai himbauan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dimana apabila hasil tes negatif hendaknya tetap di rumah dan lakukan tes ulang 7-10 hari kemudian. 

Demikian hImbauan ini disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng yang juga selaku Kadis Kominfosanti Buleleng,  Ketut Suwarmawan di ruang kerjanya, pada Minggu, (8/5/2022). 

Iapun menegaskan tes ini bertujuan untuk mencegah penularan covid-19 selama arus balik mudik Lebaran.

"Kita kan tidak tahu kalau rekan-rekan, kerabat, bahkan saudara dapat  menularkan covid-19, walaupun tidak bergejala. Jadi tes ini sebagai antisipasi agar tidak ada lagi cluster baru," ujarnya. 

Suwarmawan juga mengingatkan secara wanti-wanti, bahwa selain tetap dirumah dan melakukan physical distancing, juga dilakukan tes ulang di hari ke 7-10 untuk memastikan lagi hasil negatif tesnya.

"Kita beritahukan,  apabila masyarakat ingin berkonsultasi, silahkan menghubungi Digital Health seperti Halodoc, Alodokter, sehatPedia, klikDokter, dokter sehat, proSehat, sehat, docquity, Good Doctor dll," terangnya. 

Iapun mengungkapkan terkait perkembangan kasus harian covid-19, tidak ada konfirmasi baru, meninggal dunia maupun kesembuhan. Sehingga pasien dalam perawatan tetap 3 orang di Kabupaten Buleleng.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER