Putu Parwata Soft Launching Beras C-PAR di Canggu, Perkilo Rp 7000

  • 08 Mei 2022
  • 17:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1554 Pengunjung
Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata menyerahkan beras C-PAR secara simbolis kepada warga Canggu yang membeli beras C-PAR seharga Rp 7.000 per Kilogram . foto : Angga

Badung, suaradewata.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, Putu Parwata menggelar Soft Launching beras C-PAR di Padi Club and Restaurant Canggu, Minggu, (08/05/2022). Dalam Soft Launching beras C-PAR tersebut, beras dijual per kilogram Rp 7000 kepada masyarakat Canggu. 

Ketua DPRD Badung Putu Parwata mengatakan hari ini dirinya menggelar Soft Launching beras C_PAR di Padi Club and Restaurant Canggu, bahwa beras C_PAR ini adalah manifestasi dari pada lahirnya beras di Kabupaten Badung. Dan seluruh hasil pertanian akan diproduksi beras dengan C_PAR, sehingga dimulai dari Subak Uma Desa Canggu. 

"Jadi subak Uma desa ini adalah satu percontohan yang kita ambil di Kuta Utara. Dengan C_PAR ini dan mengambil objek pekaseh yang ada di subak Uma Desa ini sejumlah 78 hektar," kata Putu Parwata.

Parwata menerangkan, untuk seluruh gabah dari pada hasil panen akan dibeli dan diolah sehingga berasnya itu namanya C_PAR dan ini diolah kemudian dikembalikan kepada masyarakat. "Jadi produksi masyarakat disini meningkat hampir 80 sampai 100 persen dan hasil gabahnya kita beli dan berasnya kita kembalikan dengan beras murah," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk harga beras C-PAR ini jauh dibawah Bulog, karena pihaknya melakukan peningkatan produksi. Dan inilah percontohan pertanian model pertanian yang diberikan serta bisa memfasilitasi peningkatan pendapatan petani. 

"Jadi istilah kami ini adalah bangkitnya petani padi sekarang ini dan inilah yang kami fasilitasi. Dengan demikian kami akan kaitkan dengan beberapa model jadi disamping dia bisa menjual harga gabah dengan maksimal sesuai patokan Pemerintah dan petani juga kita akan berikan 5 jaminan sosial," ujarnya.

Lima jaminan sosial tersebut kata Parwata,  akan dibayarkan oleh PT. Padi Alam Semesta (PT. PAS), sehingga petani tidak ragu-ragu jika ada kecelakaan kerja, ada yang sakit, anaknya sekolah kemudian hari tua dan kematian semuanya ditanggung karena petani menjadi Share Holder dari PT PAS.

"PT PAS inilah yang menjamin petani itu termasuk gagal panen mereka. Nah ini desain yang akan kita buat untuk membangkitkan petani. Sehingga petani bangkit masyarakat itu bisa sejahtera. Nah ini salah satu model yang kami berikan, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa akan memberikan jalan yang baik karena niatan baik kita untuk membantu petani," pungkasnya.

Dalam Soft Launching beras C-PAR tersebut tersedia 15 Ton beras.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER