Putu Parwata Serahkan Demplot Padi di Desa Cemagi

  • 01 Mei 2022
  • 20:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1474 Pengunjung
Ketua DPRD Badung Putu Parwata menjelaskan tentang bibit padi yang akan didemplot kepada Para Petani di Desa Cemagi. foto : angga

Badung, suaradewata.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, Putu Parwata menyerahkan demplot padi kepada petani di Desa Cemagi, Minggu, (01/05/2022). Demplot padi yang diserahkan tersebut seluas 5 hektar. 

Ketua DPRD Badung Putu Parwata usai memberikan demplot padi di Desa Cemagi mengaku bangga, pasalnya semangat para petani sangat luar biasa dan kembali bangkit dengan harapan baru. Hal itu dikarenakan, pada kesempatan tersebut Putu Parwata memberikan bibit, pupuk disertai edukasi ke masyarakat bahwa hasil panen padi tersebut akan dibeli oleh PT. Padi Alam Semesta sesuai standar Pemerintah dan berasnya menjadi beras C_Par yang diproduksi press.  

"Harganya untuk masyarakat hanya 8 ribu per kilogram beras. Nanti selanjutnya masyarakat bisa ambil di Bumda dan Bumdes. Tapi harganya tidak boleh lebih dari Rp 8.500, maksimal Rp 9.000," kata Parwata didampingi oleh anggota DPRD Badung Wayan Edy Sanjaya. 

Parwata menjelaskan, untuk peran Pemerintah dalam hal ini adalah bagaimana menjaga petani agar tidak merugi disaat gagal panen. Yakni dengan membuat ketentuan yang namanya Peraturan Bupati (Perbup) tentang proteksi petani saat gagal panen. Sehingga petani nyaman dan tidak ada keraguan dalam bekerja.  

"Nah inilah disebut sinergitas pemerintah dan swasta membangkitkan pertanian yang berkelanjutan. Sehingga Badung ini menjadi berubah dia, Pariwisata berbasis pertanian dan budaya. Nah inilah kekuatan alam kita yang kita jaga bersama sama antara pemerintah dan masyarakat," jelasnya. 

Sementara, Perbekel Desa Cemagi, Putu Hendra Sastrawan mengaku bersyukur atas hadirnya Ketua DPRD Badung ke Desa Cemagi saat bertemu dengan kelompok petani khususnya dengan Subak Cemagi Let.  Perbekel berharap, dengan pertemuan hari ini dengan pembagian demplot seluas 5 hektar di Subak Cemagi Let ini bisa memberikan kontribusi positif atau kesejahteraan kepada petani. Karena dengan petani sejahtera tentunya kita sangat penting dalam upaya  menjaga pangan kita.  

"Kebetulan kami di Desa Cemagi pada bulan ini sedang melaksanakan 2 kegiatan yang berhubungan dengan pertanian. Yaitu satu ketahanan pangan dan kedua yaitu terkait dengan padat karya tunai desa dengan kegiatan pembersihan saluran irigasi yang tentunya untuk meningkatkan dari pada hasil pertanian. Dengan kunjungan Pak ketua DPRD Kabupaten Badung Pak Putu Parwata jadinya juga menambah kesejahteraan petani khususnya petani padi," kata Hendra Sastrawan.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER