Ketua Dekranasda Bali Tutup Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 3 Tahun 2022

  • 28 April 2022
  • 20:15 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1696 Pengunjung
ket foto : Ny. Putri Koster secara resmi menutup penyelenggaraan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 3 Tahun 2022 di Gedung Ksiraarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Kamis (28/4) / sumber foto : KW

Denpasar, suaradewata.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Koster secara resmi menutup penyelenggaraan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 3 Tahun 2022 di Gedung Ksiraarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Kamis (28/4).

Mengawali arahannya, Ny. Putri Koster menyampaikan apresiasi atas dukungan dari pemerintah, para ASN baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali maupun Kabupaten/Kota Se-Bali atas dukungannya terhadap keberadaan IKM dan UMKM Bali, sehingga IKM UMKM terdorong cepat dan  termotivasi untuk terus berkarya dan berkreasi. Dukungan nyata terhadap program Dekranasda Provinsi Bali ini  sebagai wujud sinergitas kita bersama dalam upaya menjaga kelestarian kain tenun Bali.

Lebih jauh dalam sambutannya, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menambahkan dewasa ini permasalahan besar sedang dihadapi industri sandang Bali, yaitu terpuruknya industri kerajinan, industri tenun kita. Hal ini disebabkan karena adanya kesalahan kelola dan salah pola dalam menerapkannya. Kain tenun yang mustinya beragam sering sekali kita buat seragam,  kain yang mestinya perajin kita yang menenunnya kita biarkan orang luar Bali yang membuatnya lalu menjualnya ke Bali dan konsumen kita tidak  tahu lalu membeli dan menggunakannya.

Hal ini tentu saja akan berdampak  signifikan tidak hanya penenun kita akan hilang tidak menenun lagi karena pasar dikuasai produk luar, ekonomi Bali juga tidak akan kuat dan  pasar lokal kita  dikuasai produk luar. Untuk itu, kita tidak boleh lalai dan menelantarkan warisan nenek moyang kita, Tenun Bali harus kembali berjaya karena Bali sangat kaya akan ragam tenun. Disamping itu, tenun kita sudah memilki Hak Kekayaan Komunal sehingga sudah memilki payung hukum dan diakui keberadaannya.

Penutupan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 3 Tahun 2022 pada siang hari ini juga dimeriahkan dengan penampilan peragaan busana dari ASN di lingkungan Dinas Pariwisata Provinsi Bali serta Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali. kw/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER