DPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Badung Tahun 2021

  • 19 April 2022
  • 20:55 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1451 Pengunjung
DPRD Badung Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Badung Tahun 2021. foto : Humas DPRD Badung

Badung, suaradewata.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung sampaikan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kabupaten Badung tahun 2021 di Ruang Sidang Utama Gosana DPRD Badung, Selasa, (19/04/2022). Rekomendasi DPRD tersebut adalah berupa masukan yang bersifat konstruktif dan inovatif untuk perbaikan kinerja pemerintah Kabupaten Badung yang lebih baik. 

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata mengatakan hari ini merupakan agenda penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Kabupaten Badung tahun 2021. Rekomendasi tersebut disampaikan pertama adalah perlu adanya kecermatan dalam penggunaan anggaran sehingga tercipta keseimbangan antara anggaran dan penggunaan anggaran, hal ini sangat diperlukan adanya konsistensi mulai dari perencanaan penganggaran, implementasi termasuk evaluasi. Kedua adalah agar mengoptimalkan teknis analisis estimasi perencanaan anggaran yang diimplementasikan selama ini berbasis pada data, dengan memperhatikan aturan yang berlaku dan berbasis elektronik, sehingga realisasi anggaran pendapatan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan. Ketiga adalah agar pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber pendapatan asli daerah, baik yang bersumber dari pajak dan retribusi, kekayaan daerah yang dipisahkan, maupun pendapatan lain-lain yang sah, dapat lebih dioptimalkan lagi.  

Keempat adalah perlu mengkaji agar mempertahankan dan bila perlu meningkatkan strategi pendapatan dari pajak BPHTB, retribusi parkir, pajak air tanah serta sumber lainnya.termasuk mencermati pendapatan dari retribusi jalan tol bali mandara dan eviden atas investasi di BPD Bali. Kelima adalah perlu optimalisasi pengelolaan BUMD dan aset daerah serta adanya pemikiran dan upaya untuk mendapatkan sumber pendapatan lain untuk menopang keberlanjutan pembangunan di kabupaten badung. Dan keenam adalah perlu penetapan melalui peraturan akan nilai standar NJOP berdasarkan penetapan zona wilayah sehingga terdapat persamaan persepsi parameter nilai jual antara penjual, pembeli dan notaris dan tentunya terhindar dari pencaloan yang akan berdampak buruk terhadap kejelasan pendapatan. 

"Jadi, DPRD berwenang menyampaikan rekomendasi berupa catatan catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah untuk dapat menjadi pedoman dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Badung," kata Putu Parwata. 

Ia menjelaskan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam APBD Kabupaten Badung tahun anggaran 2021 setelah perubahan sebesar Rp.1.972.103.054.321,00 dengan realisasi sebesar Rp.1.703.949.603.075,00 atau mencapai  86,40 persen. "Walaupun telah terjadi penurunan pendapatan daerah akibat pandemi covid-19, namun pemerintah daerah tetap dapat melaksanakan seluruh kewajiban penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan kemasyarakatan, yang disesuaikan dengan dinamika serta kebutuhan masyarakat," jelasnya. 

Sementara, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta mengatakan, untuk catatan strategis yang dituangkan melalui rekomendasi dewan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Badung tahun 2021, catatan-catatan strategis berupa usul maupun saran yang konstruktif tersebut tentu kita hargai sebagai sebuah rasa tanggung jawab yang besar untuk mengantarkan masyarakat badung yang lebih sejahtera dan pemerintah kabupaten badung memiliki daya saing daerah yang lebih baik.  

Rekomendasi tersebut merupakan amanat konstitusi sebagai sebuah evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah antara pihak pemerintah daerah dengan pihak dewan perwakilan rakyat daerah. Dan pihaknya memberikan apresiasi atas catatan-catatan strategis yang telah disampaikan tersebut, yang substansinya telah merefleksikan rasa pengabdian dan tanggung jawab yang sangat besar untuk mengawal dan mengevaluasi program-program strategis yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten badung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten badung.   

"Untuk itu perkenankan saya menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh anggota dewan yang telah mencurahkan segenap pikiran, waktu dan tenaga untuk memberikan perhatian serius melalui masukan dan saran yang konstruktif tersebut," ujar Giri Prasta.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER