Imigrasi Ngurah Rai Buka Layanan Easy Paspor

  • 11 April 2022
  • 18:30 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1827 Pengunjung
Bersama HIPMI Denpasar, Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi membuat inovasi pelayanan paspor yang disebut Eazy Passport. Dengan Eazy Passport masyarakat dimudahkan dalam membuat paspor secara kolektif. Foto : Ari Wirasdipta/istimewa

Badung, suaradewata.com – Bersama HIPMI Denpasar, Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi membuat inovasi pelayanan paspor yang disebut Eazy Passport. Dengan Eazy Passport masyarakat dimudahkan dalam membuat paspor secara kolektif.

"Artinya pemohon paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk mengurus paspor melainkan petugas imigrasi yang akan mendatangi lokasi pemohon. Petugas "Jemput Bola". Jelas Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai I Nyoman Gede Surya Mataram.

Lanjutnya, bahwa seluruh proses wawancara serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi pemohon. Jumlah pemohon untuk paspor elektronik sejumlah 30 pemohon dan paspor biasa 9 pemohon.

Pelaksanaan kegiatan Eazy Passport ini tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Tercatat ada 39 pemohon yang mengikuti kegiatan ini dimana 23 permohonan penggantian paspor dan 16 permohonan paspor baru.

Untuk itu, demikian Mataram mengungkapkan bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan paspor kolektif menggunakan Eazy Passport, dapat mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai dengan minimal 20 pemohon.

"Layanan Eazy Passport hanya melayani pembuatan paspor RI dan penggantian, tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak," tegasnya.

Sementara itu dr. I Putu Wirama, S.Ked., MARS, selaku Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Kota Denpasar menegaskan bahwa kegiatan Eazy Passport ini sangat  membantu sekali untuk masyarakat. Dirinya juga mengapresiasi Imigrasi Ngurah Rai yang sudah memfasilitasi para anggota HIPMI untuk mengurus paspor.

“Kami senang dan berterima kasih kepada Imigrasi Ngurah Rai, mengingat kami para anggota HIPMI akan mengikuti exhibition dan expo di luar negeri sehingga penting bagi kami untuk mengurus paspor," ujar dr. Wirama.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk menyampaikan bahwa layanan Eazy Passport merupakan solusi dari Direktorat Jenderal Imigrasi dalam situasi pandemi saat ini. "Masyarakat tidak perlu datang antri di kantor imigrasi tetapi Imigrasi yang hadir di tengah masyarakat," Singkat Jamaruli Manihuruk.

Bagi masyarakat yang berminat mendapatkan layanan Eazy Passport dapat mengajukan permohonan tertulis yang disampaikan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai atau dapat menghubungi kami melalui kanal media sosial @imngurahrai (Instagram, Facebook, dan Twitter) serta nomor telepon (0361) 8468395.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER