GAWAT..! Sembilan Kuburan Dibongkar di Setra Adat Desa Gerokgak

  • 08 April 2022
  • 21:35 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1901 Pengunjung
Prajuru Desa Adat Gerokgak saat melakukan pengecekan sembilan kuburan yang diduga digali di setra Adat Gerogak, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng bersama dengan jajaran Polsek Gerogak, Kamis, (07/04/2022)

Buleleng, suaradewata.com – Warga digegerkan adanya Sembilan gundukan tanah kuburan di Setra Desa Adat Desa Gerogak, Kabupaten Buleleng dalam keadaan terbongkar. Siapa pelaku dan apa motifnya hingga kini belum diketahui dan pihak kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan.

Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Sumarjaya,SH seijin kapolres Jumat, (08/04/2022) mengatakan 9 kuburan yang ditemukan dalam keadaan terbongkar tersebut berawal saat salah seorang warga Gede Sukadana, 51  akan membuat galian untuk liang lahat di Setra Adat Desa Gerokgak pada Kamis,  7 April 2022. Namun sebelum melakukan penggalian dirinya menemukan sudah ada bekas galian. Karena merasa janggal, Sukadana kemudian memeriksa ke areal kuburan lainnya dan menemukan beberapa hal serupa. Diapun memberitahukan hal itu kepada I Ketut Arya Negara,58 dan juga kepada Kelian Desa Adat Gerokgak Kadek Sumantra, 50 lanjut melakukan pengecekan secara bersama-sama.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan, ternyata ditemukan ada sedikitnya 9 kuburan lama dalam kondisi serupa yakni rusak bekas digali. Dari pandangannya, penggalian itu diduga dilakukan pada hari yang berbeda terlihat dari bekas tanah galiannya. Beberapa diantaranya diduga digali pada malam Kamis dan ada juga beberapa kuburan lainnya diduga digali sekitar 2 - 3 hari sebelumnya. Atas hal itu kelian Desa Adat Gerokgak dengan prajurunya kemudian melapor ke Polsek Gerokgak. 

Mendapat laporan warga jajaran Polsek Gerokgak kemudian melakukan pengecekan di TKP dan melakukan olah TKP. “Kasus ini sedang ditangani dan dilakukan proses penyelidikan yang sampai saat ini belum diketahui motif dan modus terhadap adanya galian kuburan tersebut “ tandas Sumarjaya. Sad/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER