Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bangga! Dara Cantik asal Tabanan ini Jadi Teknisi Perempuan Pertama Pesawat F-16

  • 05 April 2022
  • 08:10 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1649 Pengunjung
Letda Ida Ayu Damayanti asal Tabanan, Bali, merupakan teknisi Pesawat F-16 perempuan pertama. Foto : Channel YouTube Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Nasional, suaradewata.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengacungkan jempol kepada Letda Ida Ayu Damayanti setelah mengetahui jika dara cantik berdarah Bali itu merupakan teknisi pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon. Ia bahkan merupakan teknisi wanita pertama RI untuk pesawat tempur tersebut.

Seperti yang dikutip dari channel YouTube Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Letda Ida Ayu Damayanti mengaku tidak menyangka bisa mendapat kepercayaan sebagai teknisi pesawat tempur. Apa lagi ia tidak memiliki latar belakang dari pendidikan teknik. "Saya coba nyari informasi tentang TNI, saya coba cari-cari itu baca daftar ya memang Puji Tuhan, Ida Sanghyang Widhi Wasa, memberikan jalannya untuk menjadi seorang TNI AU," ujarnya Jumat (1/4/2022).

Ia menambahkan jika awalnya dirinya memang kesulitan berbaur untuk bekerja di bidang yang 90 persennya didominasi prajurit pria. Karena membutuhkan ketelitian untuk menggeluti bidang yang ia tekuni sekarang.

"Cukup sulit bagi saya untuk beradaptasi di lingkungan yang di dominasi oleh 90 persen kaum laki-laki. Bisa dibilang yang perempuan di lapangan cuma saya satu-satunya," imbuhnya.

Namun  semua itu bisa ia hadapi dan dirinya enjoy menjalani tugasnya. Menurutnya keselamatan adalah hal yang paling utama diperhatikan oleh pilot dalam mengendalikan sebuah pesawat.

"Keselamatan pilot adalah keutamaan kami, sebelum pilot terbang pun kami harus memastikan pesawat itu yakin siap untuk terbang kita tidak main-main dengan keselamatan terbang dan safety," tandasnya dara asal Banjar Tohjiwa, Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali tersebut.

Letda Ida Ayu Damayanti merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2018 ini, dan ditugaskan untuk mengambil alih pesawat tempur F-16 jenis Skadron 3D. Letda Ida Ayu Damayatanti diketahui sudah mengendalikan 9 pesawat tempur milik TNI AU, salah satunya tipe Skadron 3D. Dan pengalaman Letda Ida ini berhasil membuktikan bahwa wanita dapat berperan di sektor mana pun.

Hal itu pun membuat istri Jenderal Andika, Diah Erwiany kagum.

“Wah, bangga banget saya. Mbak Ida ini perannya luar biasa lho, karena enggak bisa sembarangan ya, semuanya di tangan Mbak Ida nih (pesawatnya) bisa terbang atau enggak. Itu tanggung jawabnya besar banget," tegasnya.

Begitu juga dengan Jenderal Andika yang memberi acungan jempol pada Letda Ida sebagai teknisi pesawat tempur wanita pertama di Indonesia. "Hebat, hebat. Perempuan pertama ya," ungkapnya. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER