Sobean Mart di RTH Bung Karno, Tempat Para Pelaku UMKM Promosikan Produk

  • 04 April 2022
  • 10:35 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1702 Pengunjung
Sobean Mart untuk menampung dan membantu memasarkan segala jenis produk UMKM Buleleng. Artinya para pelaku UMKM bisa menitipkan produknya dengan cara langsung datang ke Sobean Mart di Kios RTH Bung Karno, Singaraja. Foto : gus sad/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Berdasarkan konsep dan hasil diskusi bersama yang dilakukannya SKPD terkait di lingkup Pemkab Buleleng, terbentuk ‘SOBEAN MART’ untuk menampung dan membantu memasarkan segala jenis produk UMKM Buleleng. Artinya para pelaku UMKM bisa menitipkan produknya dengan cara langsung datang ke Sobean Mart di Kios RTH Bung Karno, Singaraja.

“Para UMKM di Buleleng, kita berikan ruang menitip produknya untuk dijualkan secara online maupun offline di Sobean Mart dengan sistem konsinyasi. Dalam hal ini, kalau produk yang dipasarkan laku barulah kita mendapat profit beberapa persen sesuai kesepakatan dengan para pelaku UMKM yang menitipkan produknya" jelas pengelola Sobean Mart, Eka Subianta yang juga selaku Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Buleleng, pada Minggu, (3/4/2022).

Iapun menerangkan, selain memberikan ruang memasarkan produk, para pelaku UMKM juga akan diberikan pendampingan terkait produk-produk yang perlu diberi sentuhan, berupa bentuk kemasannya agar lebih bagus dan menarik sehingga bisa laku terjual.

"Kita juga membuat pendampingan terhadap produk yang belum bagus menjadi bagus dan yang belum laku banyak, bisa laku banyak. Kurang lebih seperti itu," ucap Eka Subianta.

Mengenai pola pemasarannya, ungkap Eka Subianta produk- produk UMKM yang akan dipasarkan dibedakan sesuai jenisnya. Dimana untuk produk olahan pangan dan kriya atau fashion akan di pajang di kios yang berbeda. Mengingat di RTH Bung Karno menggunakan 2 kios dengan sistem sewa. Begitu juga untuk penjualan onlinenya, melalui marketplace yang dibedakan sesuai jenis produknya.

“Masalah perizinan dan layak konsumsi dari produk itu, kita di Sobean mart ini bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kabupaten Buleleng, dimana dinas ini memfasilitasi agar produknya bisa memiliki ijin sehingga aman untuk dijual belikan. Jadi, kita tidak akan menyulitkan ya. Kita membuka ruang untuk UMKM secara bersama-sama, membenahi bersama dimana ada kekurangannya," tegasnya.

Diungkapkan juga, bahwa sejak dibuka seminggu yang lalu di RTH Bung Karno, progres perkembangan Sobean Mart ini direspon cukup bagus oleh masyarakat, terutama pada produk olahan pangannya. Karena pengunjung lebih banyak membeli makanan dan minuman. Tapi secara umum, pelaku UMKM sangat antusias dan semangat.

“Kita selaku pengelola bersama SKPD terkait, dalam perkembangan Sobean Mart ini akan terus dipantau dalam satu tahun kedepan. Dan apabila dirasa progresnya bagus, maka untuk kedepannya akan ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Bahkan Sobean Mart akan membuka kios juga di rooftop Pasar Banyuasri Singaraja.” jelas Eka Subianta.

“Kita harapkan, Sobean Mart ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku UMKM sebagai media promosi produknya, baik melalui offline maupun online. Jadi semua UMKM Buleleng silahkan mampir, silahkan lihat dan jika tertarik bisa titipkan produknya disini untuk kita jualkan," tandasnya.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER