Pecahkan Permasalahan Petani, Putu Parwata Sosialisasi Bibit Padi MSP13 

  • 02 April 2022
  • 15:40 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1529 Pengunjung
Ketua DPRD Badung Sosialisasi Bibit Padi MSP13 di Subak Sengempel Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal, Sabtu, (02/04/2022). foto : angga/suaradewata

Badung, suaradewata.com - Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata melakukan sosialisasi bibit padi MSP13 bersama pupuk Green Parwata kepada petani di Subak Sengempel Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal, Sabtu, (02/04/2022). Kehadiran Ketua DPRD Badung tersebut untuk membahas demplot tanaman padi di Subak Sengempel. 

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata dalam kesempatan tersebut mensosialisasikan bibit padi MSP13, dimana bibit padi tersebut sudah terbukti di Subak Ayunan. Kata ia, dengan bibit padi tersebut, 1 hektar biasanya keluar 6 ton atau 6,5 ton, dengan bibit MSP13 justru bisa sampai 11 ton.  

"Ini sudah ada 100 persen hasil produksi dengan menggunakan pupuk green Parwata," kata Putu Parwata. 

Lebih lanjut ia menerangkan, untuk hasil panen padi tersebut, kata dia sudah disiapkan perusahaan profesional yakni PT. Padi Alam Semesta yang akan membeli hasil panen. Sehingga ini yang akan mensejahterakan petani. "Jadi, PT yang akan bayar ke petani. Nanti keluarnya beras sudah dibungkus kiloan," terangnya. 

Parwata menjelaskan, ada beberapa hal yang diserap dari pertemuan di setiap Subak di Badung. Yakni nampaknya banyak yang perlu diperbaiki, seperti infrastruktur jalan irigasi. Sehingga datanya perlu dikoreksi kembali dan kepala desa diharapkan mendata kembali.  

"Kalau datanya tidak ada bagaimana kita membuat program oleh karena itu saya usulkan supaya pemerintahan desa berbasis data. Bagaimana Pemerintahan kabupaten Badung membuat program berdasarkan kebutuhan data data yang memang ada," jelasnya seraya memberikan bantuan dana 10 juta untuk pembibitan padi.  

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Badung Nyoman Gede Wiradana, Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa, Perbekel Bongkasa Ketut Luki dan Krama Subak Sengempel bersama Subak Citra.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER