Pemkab Buleleng Prioritaskan 1.500 UMKM Untuk Perluasan Akses Pasar

  • 24 Maret 2022
  • 19:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2065 Pengunjung
Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop-UKM) Kabupaten Buleleng, saat menghadiri pelatihan Keamanan Siber untuk UMKM Buleleng di Hotel Bali Taman, kamis, 24/3/2022. Foto : gus sad/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Di Kabupaten Buleleng terdapat 54.849 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sebagian besar bergerak di sektor perdagangan, pertanian, industri dan jasa. Dari jumlah tersebut, 1.500 UMKM yang aktif, baik secara langsung maupun melalui pemanfaatan akses digital. 

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop-UKM) Kabupaten Buleleng, Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si, pada Kamis, (24/3/2022) saat menghadiri pelatihan Keamanan Siber untuk UMKM Buleleng di Hotel Bali Taman. 

“1.500 pelaku UMKM yang aktif itu, menjadi skala prioritas Pemkab Buleleng untuk secara berkelanjutan dilakukan pendampingan dalam program bimbingan teknis dan pelatihan secara terintegrasi, yakni mulai dari peningkatan kapasitas SDM sampai dengan perluasan akses pasar.” terangnya. 

Iapun menegaskan Pemkab Buleleng telah berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk dan pasar bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng, guna terwujudnya UMKM Buleleng naik kelas. Mengingat UMKM Buleleng memiliki potensi yang sangat menjanjikan kedepannya.  

“Patut diapresiasi, bahwa kita sekarang ini merupakan 8 kabupaten/kota terbaik secara nasional dari sisi akses penjualan produk UMKM lokal Buleleng,” ujarnya.  

Dengan predikat terbaik ke 8 secara nasional, ia menilai para pelaku UMKM Buleleng sudah mulai memahami dan mendalami bahwasannya akses digital sangat penting dalam menunjang pengembangan dan peningkatan pasar produk UMKM. 

“Kita menjadi bangga atas kerjasama yang terjalin antara Pemkab Buleleng dengan BPSDMP Kominfo Yogyakarta secara berkelanjutan menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku UMKM yang ada di Buleleng. Karena berkat kerjasama, UMKM Buleleng sangat terbantu perihal keamanan akun siber dan perangkat yang digunakan. Dengan ini pelaku UMKM bisa lebih berhati-hati lagi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” tandas Dewa Made Sudiarta.Sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER