Minyak Goreng Curah Makin Langka Dipasaran, Pedagang Mengeluh

  • 22 Maret 2022
  • 20:30 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1412 Pengunjung
Kondisi pedagang minyak goreng curah pasar Amlapura Timur, foto : nov

Karangasem, suaradewata.com - Keberadaan minyak goreng curah atau cor di pasaran mulai langka, di Pasar Amlapura Timur, kelangkaan minyak goreng yang saat ini telah di subsidi oleh pemerintah tersebut telah terjadi sejak hampir sepekan ini.

Sejak kebijakan pencabutan Harga Ecerean Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat,  dan harga minyak goreng kemasan ini dilempar ke mekanisme pasar, memang tidak lagi ada kelangkaan minyak goreng kemasan di pasaran  dan bahkan pasokan minyak goreng kemasan ke pasar tradisional maupun minimarket di Karangasem cukup banyak.

Namun kondisi sebaliknya terjadi pada minyak goreng curah, yang harganya telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp. 14.000 perliter yang keberadaannya mulai langka sejak kebijakan itu dikeluarkan. Di Pasar Amlapura Timur, minyak goreng curah yang telah disubsidi pemerintah ini mulai langka sejak hampir sepekan ini. Kondisi ini sangat dikeluhkan oleh pedagang maupun pembeli yang sebagian adalah pelaku usaha UMKM maupun pedagang makanan, karena usaha mereka terhambat karena harus antre hingga seharian, demngan manaruh jirigen kosong untuk mendapatkan minyak goreng curah dari salah satu agen di Pasar Amlapura Timur.

 “Saya kan punya usaha jajan rengginang, jadi kalau kondisinya seperti ini aktifitas usaha saya terhambat. Sudah ada banyak langganan yang pesan jajan tapi gak bisa goreng karena gak dapat beli minyak goreng,” ucap Ni Ketut Sasih, salah satu pelaku usaha di Karangasem, Selasa (22/3/2022).

 Beberapa agen minyak goereng di Karangasem mengaku pasokan minyak goreng curah mulai terjadi kelambatan sejak hampir sepekan, sebaliknya  pasokan  minyak goreng kemasan dengan harga 25.000 perliter justru langsung lancar dan banyak.

“Kalau saya disini biasanya dapat tiga drum. Ini banyak yang sudah antre dan naruh jirigen kosong! Pas minyaknya datang langsung kita isi,” ujar Ni Komang Sudartini, salah satu pedagang sembako yang juga agen minyak goreng curah di Pasar Amlapura Timur. nov/red

 

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER