Konsisten Genjot Usaha Kecil, Parta Gelar TOT Pendamping UKMM

  • 11 Februari 2022
  • 22:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1482 Pengunjung
Anggota DPR RI Komisi VI, I Nyoman Parta berkolaborasi dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional) menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Pendamping untuk Pendampingan UMKM di Hotel Vasini Denpasar, Jumat (11/2/2022). Foto : team Nyoman Parta/ist

Denpasar, suaradewata.com – Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta asal Gianyar tampaknya konsisten menunjukkan kepeduliannya kepada usaha kecil di Bali. Selain menggelar berbagai pelatihan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini Politisi PDIP itu juga menggelar Training of Trainer (TOT) Pendamping UMKM kepada sekitar 40 orang untuk Pendampingan para UMKM yang ada di Bali selama tiga hari. TOT tersebut digelar berkolaborasi dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional) di Hotel Vasini, Denpasar, Jumat, (11/02/2022).

Disela-sela TOT tersebut Parta menegaskan pendapingan UMKM sangat penting khususnya dalam persaingan global seperti sekarang ini. Sehingga mampu memberikan pemahaman dan pembinaan yang lebih komprehansif serta berkesinambungan bagi pelaku UMKM di pulau dewata terlebih dimasa pandemi saat ini.

TOT menurutnya memberikan ketrampilan teknis kepada seorang pendamping untuk membina UMKM, begitu juga terhadap pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan secara berkelanjutan hingga menjadi mandiri, serta produk UMKM nya akan mendapatkan SNI.

“Saya berharap, pelatihan ini diikuti secara sungguh-sungguh sehingga betul-betul ada hasil dan kedepannya kita terus bisa berkolaborasi khususnya untuk usaha-usaha yang harus mendapatkan SNI,” ucap Nyoman Parta. Karena untuk mencari sertifikat SNI tidaklah mudah, disamping itu biayanya juga tidak sedikit. Untuk itu semua peserta diharapkan serius mengikuti TOT karena ini adalah kesempatan yang baik dan langka. Selain  itu saat ini kesempatan pasar digital sangat besar, dan peluang ekspor juga potensial jadi ini harus serius agar kedepannya ada hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

“Aktifkan grup dan diskusi, saya akan senantiasa terlibat didalamnya, tidak hanya pendampingan untuk SNI tapi saya juga sering memfasilitasi pelatihan-pelatihan UMKM, dan teman-teman harus ikut untuk menciptakan UMKM yang berkualitas”,ungkapnya

Sementara dari BSN yakni Deputi bidang Akreditasi Dony Purnomo dalam kesempatan yang sama mengatakan para peserta TOT yang akan dilatih selama tiga hari ini akan mendapatkan penjelasan terkait produk dengan SNI serta bagaimana UMKM mampu menjadi seorang trainer.

Ia berharap Peserta dapat mengikuti pelatihan itu dengan sungguh-sungguh, mengingat pelatihan itu sangat penting bagi UMKM untuk bisa bangkit bersama memulihkan perekonomian.

“Terima kasih atas keseriusan bapak ibu sekalian dalam acara ini, ini menunjukkan kerelaan kita untuk maju bersama sama,” ungkapnya. Pihaknya juga mengapresiasi program ini sebagai bentuk kolaborasi dengan Nyoman Parta yang selama ini sangat dekat dengan pelaku UMKM di Bali.

Sementara itu salah satu peserta TOT, Yogi Eka Yadnya mengucapkan terima kasih kepada Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Parta dan BSN karena telah menyelenggarakan pelatihan itu. “Terima kasih sudah memberikan kami sebagai UKM Bali bisa mendapatkan fasilitas TOT ini, semoga kedepan acara seperti ini terus ada dan dapat memberikan manfaat ke lebih banyak orang” ungkapnya. gin/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER