Anggota Satlantas Polres Tabanan Ini Bantu Pria Sakit yang Tak Punya Ongkos Pulang

  • 04 Februari 2022
  • 09:10 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1878 Pengunjung
Aipda I Kadek Wardana saat membantu seorang pria yang kondisinya sakit dan tidak punya ongkos pulang di Pos Adipura, Tabanan. Photo : Ayu/SD

Tabanan, suaradewata.com – Rasa simpati dan jiwa kemanusiaan yang dimiliki polisi yang satu ini patut ditiru. Ia menebar kebaikan dengan membantu seorang pria yang dalam kondisi sakit dan tidak memiliki ongkos untuk pulang kerumahnya.

Aipda I Kadek Wardana menerangkan bahwa peristiwa itu ia alami Kamis (3/2/2022). Saat itu dirinya bersama rekannya Aiptu I Ketut Sumertayasa usai patroli di seputaran Jalan Bypass Ir. Soekarno dan kembali ke Pos Adipura, Pesiapan, Tabanan. Tak berselang lama setelah ia sampai di Pos Adipura, ada sebuah bus yang berhenti dan menurunkan seorang pria yang menggunakan sweater berwarna kuning. Namun pria itu justru terlibat keributan dengan kernet bus.

“Saya lihat bapak ini ribut dengan kernet bus, lalu dihampiri oleh pemiliki dealer yang ada didekat Pos dan dibayarkan ongkos busnya,” ujarnya saat dihubungi Jumat (4/2/2022).

Setelah itu ia pria tersebut dengan tertatih berjalan menggunakan tongkat menuju Pos dan langsung disambut olehnya. Karena melihat pria itu dalam kondisi lemas, ia pun mengajak pria itu ke warung makan yang ada di timur Pos Adipura. “Disana kami tanyakan, bapak ini datang dari mana? Katanya datang dari Gintangan, Banyuwangi habis berobat karena tangannya patah. Bapak ini bercerita sambil menangis dan mengatakan kalau dia belum makan dan tidak punya ongkos untuk pulang ke Jimbaran,” terang anggota Satlantas Polres Tabanan tersebut.

Atas jawaban tersebut, polisi asal Gilimanuk, Jembrana itu pun memesankan makanan untuk pria tersebut. Selanjutnya ia memberikan uang kepada pria tersebut sebagai bekal untuk pulang ke rumahnya di Jimbaran. “Saya tidak sempat ngobrol banyak, bapaknya hanya sempat bilang kalau tangannya patah karena jatuh dan karena tidak punya biaya dia berobat alternatif ke Banyuwangi. Setelah selesai makan saya kasi uang sekedarnya dan saya langsung carikan bus untuk pulang ke Jimbaran,” sambungnya.

Menurutnya ia membantu pria tersebut karena melihat kondisinya yang sakit dan usianya yang sudah tidak muda lagi. Terlebih pria tersebut mengatakan jika tidak memiliki uang untuk pulang ke Jimbaran. “Walaupun bantuan yang saya berikan tidak seberapa namun setidaknya saya ingin bisa membantu sesama, apalagi di masa yang sulit seperti saat ini, kita harus saling bahu membahu, tanpa memandang latar belakang,” tandasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tabanan, AKP Kanisius Franata senantiasa mengapresiasi hal-hal positif yang dilakukan oleh anggotanya. Terlebih selama ini dirinya memang selalu menekankan agar dalam bertugas anggotanya selalu mengedepankan tindakan yang humanis kepada masyarakat. "Bahkan anggota-anggota saya yang viral dengan hal-hal positifnya kita berikan reward, dan kita harapkan bisa jadi contoh bagi rekan-rekan lainnya," tegasnya. (ayu/yok)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER