Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mendagri Tito Karnavian Sebut MPP Badung Terbaik di Indonesia

  • 28 Januari 2022
  • 14:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1260 Pengunjung
Mendagri Tito Karnavian didampingi Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat melakukan kunjungan kerja ke Mall Pelayanan Publik yang ada di Puspem Badung, Kamis (27/01/2022). foto : Humas Pemkab Badung

Badung, suaradewata.com - Pasca melakukan kunjungan kerja ke beberapa Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Indonesia Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut bahwa MPP yang dimiliki Kabupaten Badung merupakan salah satu MPP yang terbaik di Indonesia. “Begitu mendapatkan masukan bahwa di Badung memiliki MPP sejak tahun 2018 dan tidak kalah dengan Banyuwangi saya menjadi penasaran, dan setelah tadi melihat bisnis proses secara langsung memang MPP Badung merupakan salah satu yang paling simple, paling clear, sistemnya semua berjalan dan masyarakat juga bisa langsung memberikan nilai/feedback terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu makanya tidak berlebihan apabila saya menyebut MPP Badung merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia,” demikian ditegaskan Mendagri Tito Karnavian saat melakukan kunjungan kerja ke MPP Kabupaten Badung di Puspem Badung, Kamis, (27/01/2022).

Menteri Tito juga memberikan apresiasi kepada MPP Badung karena memiliki desain yang bagus dan nyaman dengan loket-loket pelayanan yang sangat jelas. Disisi lain, Mendagri mengungkapkan bahwa ada suatu provinsi di Indonesia yang sama sekali tidak memiliki mall pelayanan publik. Bahkan ada juga yang punya MPP tapi saat dimasuki tidak ada pelayanan apa-apa sehingga masyarakatnya masih harus ke instansi yang bersangkutan untuk menyelesaikan urusannya.

“Untuk itu sekarang kami dorong semua daerah agar memiliki MPP. Karena nilai penting kehadiran MPP adalah mempermudah masyarakat, bahwa negara itu hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu MPP harus memberikan pelayanan yang clear dan transparan dengan melakukan semua pembayaran di bank untuk menghindari perilaku pungli dan korupsi, sehingga pelaku usaha tidak ragu.  Tadi saya lihat langsung para pelaku usaha dan UMKM mereka cukup di satu loket saja tidak perlu datang ke 4-5 meja dengan waktu yang berminggu-minggu untuk menyelesaikan urusan perizinan. Dan disini juga memiliki pelayanan khusus terhadap investasi di atas 10M. semoga ini mampu memperkuat investasi yang ada di Badung dan Bali,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Giri Prasta mengucapkan terimakasih kepada Mendagri Tito Karnavian karena sudah melakukan kunjungan kerja ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung untuk melihat secara langsung proses pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat melalui mall pelayanan publik.

"Kami di Kabupaten Badung melaksanakan pelayanan untuk menunaikan dan mengaktualisasikan konsep revolusi mental. dalam sistem pelayanan kami ini tidak ada lagi yang mudah dipersulit tapi malah sebaliknya yang sulit kita permudah dengan proses pelayanan yang cepat bahkan kita memiliki pelayanan sistem jemput bola,” ucap Giri Prasta.

Ditambahkan Bupati Giri Prasta sistem yang ada MPP Badung semuanya sudah terintegrasi sehingga apabila masyarakat ingin mengurus perijinan dan pelayanan publik lainnya mereka tidak perlu lagi mengunjungi Kantor Dinas yang bersangkutan. Disamping itu menurut bupati Giri Prasta, MPP Badung memiliki kelebihan inovasi pelayanan publik dengan menyediakan kanal layanan penilaian kinerja terhadap kepuasan pelayanan yang diberikan petugas MPP Badung.

“Perlu kami sampaikan hari ini dari sekian Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia Bapak Mendagri memberikan apresiasi bahwa MPP Badung terbaik se-Indonesia bahkan semua itu beliau tulis ke dalam prasasti. Apa yang dilakukan Beliau hari ini merupakan merupakan tugas/mandat yang diberikan oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden untuk menumbuhkan kembali semangat kita dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat luas,” ujar Bupati Giri Prasta.

Hadir mendampingi Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Gubernur Bali Wayan Koster, Ketua DPRD Putu Parwata, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, Dandim Badung Kolonel Inf Dody Trio Hadi, Kepala DPMPTSP Badung Made Agus Aryawan beserta Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemkab Badung.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER