​​​​​​​Dana Kreativitas Tergantung Usulan, Kadisbud : Kreativitas Bentuk Lain Bukan Mabuk - Mabukan

  • 23 Januari 2022
  • 17:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1642 Pengunjung
Kadis Kebudayaan Badung Menjelaskan Dana Kreativitas Sekaa Teruna Tergantung Usulan. foto : Foto Profil What's up Kadis Kebudayaan Badung Eka Sudarwitha

Badung, suaradewata.com - Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gede Eka Sudarwitha menyebutkan dalam menyambut hari raya Nyepi tahun 2022, para sekaa teruna di Badung mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 10 juta rupiah. Bantuan ini diberikan untuk kegiatan kreativitas Sekaa Teruna tergantung usulannya. 

"Untuk dana kreativitas Sekaa Teruna tergantung usulannya. Bisa untuk Dharma Tula, Pasraman, Utsawa Dharma Gita, Lomba Tari, atau bentuk kreatifitas lainnya yang sangat beragam," sebut Eka Sudarwitha saat dikonfirmasi Minggu, (23/01/2022). 

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk sekaa teruna yang tidak membuat ogoh-ogoh akan tetap mendapat bantuan dana kreativitas. Hanya saja, nanti dalam pengajuan proposalnya tidak dalam pembuatan ogoh-ogoh, namun dengan kegiatan lain yang berhubungan dengan adat, seni, agama dan budaya Bali.

"Izin pembuatan ogoh-ogoh adalah dikeluarkan Bendesa Adat, bukan Pemerintah Kabupaten. Pemerintah Kabupaten taat asas dan patuh pada edaran MDA Bali dan Penegasan Bapak Gubernur Bali," ujarnya.

Ia juga menegaskan, kegiatan kreativitas dalam bentuk lainnya agar dilaksanakan sesuai adat dan istiadat di Bali. Dan tidak digunakan untuk kegiatan lainnya seperti mabuk-mabukan. "Mabuk Mabukan bukan termasuk kreativitas. Karena merusak kesehatan," tegasnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER