Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Polsek Mengwi Ringkus Pencuri Gong di Pura Dalem Lukluk Mengwi

  • 21 Januari 2022
  • 16:10 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1880 Pengunjung
Keterangan Foto : Polsek Mengwi Amankan Pelaku Pencuri Gong di Pura Dalem Gegelang Lukluk. Foto : Humas Polres Badung

Badung, suaradewata.com - Polsek Mengwi berhasil meringkus pencuri gong yang terjadi di Gedong Wastra Pura Dalem Gegelang Banjar Perang Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi pada awal tahun 2022. Kini pelaku pencurian gong tersebut ditahan di Mapolsek Mengwi.

Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana mengatakan, sekitar bulan November 2021 pelapor bersama sekehe gong melaksanakan kegiatan bersih-bersih di areal Pura Dalem Gegelang untuk persiapan ngeratep sesuhunan di pura. Kemudian pelapor bersama sekehe gong memindahkan gamelan tersebut ke tempat ke gudang balai wastra yang ada di timur areal Pura.

Selanjutnya, pada hari Minggu, (02/01/2022), sekitar pukul 16.00 wita pelapor bersama sekehe gong dan pemuda mengeluarkan gamelan dalam rangka persiapan piodalan di Pura Dalem Gegelang. Pada saat mengeluarkan gambelan ternyata 1 buah gong yang terbuat dari perunggu,1 tungguh gangsa, 5 buah reong dan 1 buah terompong sudah tidak ada. Atas kejadian tersebut korban melapor ke team opsnal reskrim Polsek Mengwi guna penanganan lebih lanjut.

"Mendapatkan laporan dari masyarakat tentang adanya pencurian perangkat gamelan di gedong wastra Pura Dalem Gegelang Lukluk. Team opsnal Polsek Mengwi langsung mendatangi TKP untuk melakukan olah TKP dan pengumpulan bahan keterangan dari pelapor dan saksi," kata Kompol Darsana, Jumat, (21/01/2022). 

Berbekal data yang diperoleh, team opsnal Polsek Mengwi kemudian bergerak melakukan penyelidikan di seputaran Lukluk. Akhirnya, pada hari Senin, (17/01/2021), team Opsnal Polsek Mengwi berhasil mengamankan pelaku atas nama I Wayan Sucamerta alias De Tablet asal Banjar Perang Kelurahan Lukluk Mengwi di Banjar Perang Lukluk.

"Setelah pelaku diintrogasi, akhirnya mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian perangkat gamelan berupa 1 buah gong,1 buah gangsa ,dan 5 buah reong  dan 1 terompong di Gedong Wastra Pura Dalem selanjutnya di jual ke toko gamelan di batubulan dengan total harga Rp 3.300.000 dan uangnya dipergunakan oleh pelaku untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari," terangnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER