Tindaklanjuti Evaluasi MCP KPK, Bupati Bangli Lakukan Langkah-Langkah Optimalisasi Pajak Daerah

  • 23 Desember 2021
  • 21:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1617 Pengunjung
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta  bersama Forkopimda Kabupaten Bangli komit Optimalisasikan Pajak Daerah sebagai tindaklanjut Evaluasi MCP KPK-RI Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. (SD/Ist)

Bangli,suaradewata com - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta  bersama Forkopimda Kabupaten Bangli melaksanakan Penandatanganan bersama terkait Optimalisasi Pajak Daerah sebagai tindaklanjut Evaluasi MCP KPK-RI Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Dalam kesempatan itu hadir pula, Kepala Satgas Wilayah 5 KPK RI Perwakilan Bali Ismail Hindarsyah, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gianyar Luqman Hakim, Wakil Ketua DPRD Kab. Bangli I Komang Carles, Anggota Forkopimda Kabupaten Bangli, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, Pimpinan OPD Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli serta pelaku usaha, hotel dan restoran di Kabupaten Bangli bertempat di aula pertemuan Museum Geopark Batur Kintamani, Kamis (23/12/2021).

Sedana Arta dalam kesempatan itu menyampaikan pelaksanaan kegiatan pada hari ini adalah bagian dari program untuk mewujudkan visi pembangunan di Kabupaten Bangli Tahun 2021-2026. Yaitu, Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Untuk Mewujudkan Bangli Era Baru.  "Yangmana dalam misi Ke-7 Pembangunan Kabupaten Bangli Tahun 2021-2026 telah secara Eksplisit menyebutkan mengembangkan sistem tata kelola pemerintahan daerah berbasis TIK yang Efektif, Efisien, Terbuka, Transparan, Akuntabel dan Bersih serta meningkatkan pelayanan publik terpadu yang Cepat, Pasti dan Murah”, sebutnya.

Disampaikan pula, guna mendorong penyelenggaraan tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel serta untuk penguatan keuangan daerah dalam mendukung menyukseskan berbagai program pembangunan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli untuk mulai mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan daerah. "Salah satunya melalui strategi Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak Daerah yaitu dengan upaya meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak untuk membangun Bangli," ujarnya. Untuk itu, lanjut Sedana Arta, pemerintah Kabupaten Bangli sangat membutuhkan dukungan dari semua stakeholder pembangunan, khususnya dari pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat Bangli untuk bersama-sama membangun optimisme “Jengah” untuk ikut berkontribusi membangun Bangli.

Sedana Arta juga menambahkan besar harapan Pemerintah Daerah kususnya kepada para Pelaku Usaha Hotel dan Restoran di Kabupaten Bangli “mari dukung Pemerintah Kabupaten Bangli untuk terus berupaya meningkatkan Pendapatan Daerah dari penerimaan Pajak Hotel dan Restoran (PHR). "Oleh karena itu melalui acara ini, saya harapkan dapat menggugah pemahaman dan kesadaran seluruh lapisan masyarakat bangli dalam melaksanakan kewajiban untuk taat membayar pajak, “tegas Sedana Arta.

Sementara itu Kepala Satgas DIT. KORSUP Wilayah V. KPK RI Perwakilan Bali Ismail Hindarsyah menyatakan kegiatan hari ini merupakan sebuah langkah strategis untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak serta untuk membangun  sebuah komitmen bersama betapa pentingnya pemasukan pajak kepada daerah dalam rangka membangun daerah. "Wajib pajak mesti sadar karena semuanya itu sudah diatur dalam peraturan dan perundang-undangan dan jangan sampai titipan pajak dari konsumen itu tidak disetorkan kepada daerah ( digelapkan ) karena hal ini merupakan perbuatan curang untuk menggelapkan pajak yang masuk pada 7 jenis tindak pidana korupsi dan KPK RI akan sangat membantu Pemda dalam penegakan hukumnya," ungkapnya. "Termasuk didalamnya agar tidak segan-segan Pemda untuk memasang tanda peringatan bagi Wajib Pajak yg menunggak pembayaran pajaknya pada daerah dengan menggandeng KPK RI dan dari pihak Kejaksaan," imbuhnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER