Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

KONSISTEN, Nyoman Parta Training Puluhan Pelaku UMKM di Bali

  • 23 Desember 2021
  • 08:25 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2345 Pengunjung
Anggota Komisi VI DPR RI asal Bali I Nyoman Parta saat menyerahkan sertifikat kepada peserta saat melakukan pendampingan TOT kepada 40 pelaku UMKM di Bali, Rabu, 22/12/2021, Photo : Doel/rls

Denpasar, suaradewata.com – Anggota DPR RI Komisi VI, asal Gianyar, Bali I Nyoman Parta SH konsinten melakukan pendampingan terhadap kebangkitan UMKM di Bali. Kali ini berkolaborasi dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional) politisi PDIP ini menggelar Training of Trainer (TOT) terhadap sedikitnya 40 orang pelaku UMKM yang nantinya disiapkan sebagai trainer di Hotel Vasini, Denpasar, Rabu, (22/12/2021).

Menurut Parta pendampingan bagi UMKM adalah sangat penting, karena kata dia tidak mudah belajar menjadi pengusaha, disamping niat yang kuat, memilih bahan baku produk dan  pengemasan juga menjadi hal yang penting, perijinan serta pembukuan juga sangat diperlukan. “Pendampingan bagi UMKM itu sangat penting, karena tidak mudah menjadi pengusaha, disamping itu para peserta juga kita persiapkan menjadi trainer nantinya sehingga mampu melakukan pendampingan terkait produk berstandart SNI, untuk itulah kami membuat TOT ini, “ beber Parta.

Mereka yang mendapatkan TOT ini dipastikan akan memiliki ketrampilan teknis pendampingan, begitu juga terhadap pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan secara berkelanjutan sampai menjadi mandiri, serta produk UMKM nya mendapatkan SNI.

Bagi masyarakat luas yang ingin menjadi pelaku UMKM atau baru pemula. Bisa memanfaatkan 40 orang pendamping yang telah di TOT ini untuk melakukan pendampingan agar usaha yang dibangun dapat berkembang dan bersaing dijaman yang serba cepat saat ini.

Sementara Deputi bidang Akreditasi BSN Dony Purnomo, mengatakan perseta TOT ini akan diberikan penjelasan terkait produk dengan SNI dan bagaimana teman teman UMKM mampu menjadi trainer. "Harapan saya semua tekun, sungguh-sungguh dan memiliki spirit kerelawanan bahwa kegiatan ini luar biasa, jadi kita akan ajak bangun bersama bangkitkan UMKM,” tegasnya. Dia juga mengucapkan terima kasih atas keseriusan para peserta untuk maju bersama sama, guna memajukan ekonomi ditengah situasi saat ini.

Menurutnya menjadi trainer juga butuh kerelaan, diapun sangat apresiasi semangat para peserta dalam mengikuti TOT kali ini. "Silahkan manfaatkan kesempatan ini, ada fasilitator yang siap memberikan informasi dan semoga ini bisa berkesinambungan" tambahnya.  Pihaknya juga mengapresiasi program ini sebagai bentuk kolaborasi dengan wakil rakyat Nyoman Parta yang selama ini konsisten dan sangat dekat dengan pelaku UMKM di Bali.

Sementara itu salah satu peserta Agus Yogi mengucapkan terima kasih kepada Nyoman Parta dan BSN karena telah menyelenggarakan acara ini. "Nyoman Parta dan team  terima kasih sudah memberikan kami sebagai UKM Bali bisa disatukan dan dibukakan akses sehingga punya peluang naik kelas, dan semoga kedepan acara seperti ini terus ada dan berkesinambungan agar lebih mantap," dan saya bersedia jadi pendamping ungkapnya. rls/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER