Dibandingkan DPT 2020, Jumlah Pemilih Di Tabanan Bertambah 2.068 Pemilih

  • 14 Desember 2021
  • 12:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4576 Pengunjung
KPU Tabanan saat menyerahkan berita acara dan rekapitulasi DPB bulan Desember 2021 kepada KPU provinsi, I Gede John Darmawan dalam Rakor PDPB KPU Tabanan,(14/12/2021), foto : humas kpu

Tabanan, suaradewata.com – Dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2020 lalu, maka jumlah pemilih di Kabupaten Tabanan tahun ini bertambah sebanyak 2.068 pemilih. Kalau DPT Pilkada 9 Desember 2020 lalu sebanyak 362.813 maka jumlah pemilih per Desember tahun 2021 sebanyak 364.881 pemilih. Yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 179.286 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 185.595 pemilih. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang digelar KPU Tabanan dengan melibatkan para stake holder termasuk pimpinan partai politik di kantor KPU Tabanan, Selasa, (14/12/2021).

Dalam paparannya Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tabanan, I Ketut Sugina mengatakan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bulan Desember ini telah selesai direkap dan dikoordinasikan dengan para stake holder. Dalam proses bulan Desember ini terdapat jumlah pemilih baru sebanyak 715 pemilih, pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 976 pemilih dan yang ubah data sebanyak 5.663 pemilih. Jika dibandingkan dengan PDPB bulan Nopember sebanyak 365.142 pemilih maka ada penurunan pemilih sebanyak 261 pemilih, sehingga pemilih Tabanan di Bulan Desember mencapai 364.881 pemilih. “Hasil rekap kita bulan Desember ini, jumlah Pemilih di Tabanan mencapai 364.881 pemilih yang tersebar di 10 Kecamatan, 133 desa di Kabupaten Tabanan,” ucapnya. Dari jumlah tersebut kata dia terbanyak ada di Kecamatan Kediri sebanyak 64.948 pemilih, menyusul kecamatan Tabanan 57.174 pemilih dan seterusnya, sementara jumlah pemilih terkecil ada di Kecamatan Selemadeg Barat hanya 17.720 pemilih.

Dijelaskan Sugina bahwa kalau dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pilkada 9 Desember 2020 lalu yang DPTnya berjumlah 362.813, maka pada Desember 2021 ini ada peningkatan sebanyak 2.068 pemilih. “kalau kita bandingkan dengan DPT terakhir, maka DPB kita akhir tahun ini meningkat sebanyak 2.068 pemilih,” tegasnya.

Sementara Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa dalam rapat koordinasi tersebut menegaskan apa yang dilakukan KPU Tabanan dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan menunjukkan upaya serius dari KPU dalam upaya menyajikan data pemilih menjelang pemilu 2024 yang berkualitas dengan prinsip Komprehensif, Inklusif, Akurat, Mutakhir, Terbuka, Responsif, Partisipatif, Akuntabel dan Perlindungan Data pribadi. “Sesuai dengan PKPU 6 tahun 2021, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan KPU Tabanan telah memenuhi prinsip-prinsip tersebut, kedepannya kami berharap kerjasama semua pihak sehingga data pemilih yang kita hasilnya benar-benar berkualitas,” ucapnya. Selanjutnya Rekapitulasi dan berita acara rapat koordinasi diserahkan kepada KPU RI melalui KPU Bali, kepada KPU Bali yang diwakli I Gede John Darmawan dan Bawaslu Tabanan diwakili Ketut Narta.

Sementara Komisioner KPU Bali, I Gede John Darmawan dalam pengarahannya menegaskan KPU Tabanan telah bekerja maksimal dalam upaya memutakhirkan data pemilih di Kabupaten Tabanan. Hal itu tentunya dengan dukungan penuh dari pimpinan parpol dan para stake holder yang ada. Pihaknya menegaskan KPU secara keseluruhan terus bekerja dan berupaya melakukan tugas-tugasnya salah satunya memutakhirkan data pemilih berkelanjutan. "Namun perlu diingat KPU melakukan pemutakhiran Data Pemilih dan bukan data penduduk, karena memang itu tugas KPU, sementara data penduduk itu menjadi domain disdukcapil," ucapnya. Untuk itu pihaknya berharap dalam proses-proses ini, semua pihak ikut memberikan masukan, dan juga mengawasi proses ini sehingga kedepannya dihasilkan data pemilih yang benar-benar berkualitas. "Data pemilih yang dihasilkan KPU nantinya adalah data pemilih hasil kerja kita bersama, sehingga sudah sewajarnya kita ikut ambil peran didalamnya," harap John Darmawan.

Hadir dalam rakor tersebut Komisioner KPU Bali, I Gede John Darmawan, Ketua dan Komisioner KPU Tabanan, Bawaslu Tabanan, Polres dan Kodim Tabanan, Disdukcapil, DPMD dan para pimpinan atau LO Partai Politik di Tabanan. red/rls


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER