Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

HUT Mangupura ke-12 Momentum Kabupaten Badung Untuk Introspeksi

  • 16 November 2021
  • 16:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1226 Pengunjung
suaradewata

Badung,suaradewata.com - Perayaan HUT Ibu Kota Kabupaten Badung “Mangupura” Ke-12 yang jatuh pada tanggal 16 November 2021 diperingati dengan melaksanakan apel bersama di lapangan Puspem Badung Mangupraja Mandala dan Sidang Paripurna di Ruang Sidang Utama Gosana Kantor DPRD Badung, Selasa, (16/11/2021). Apel dipimpin langsung oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dan dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda Badung, Sekda Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Ny. Seniasih Giri Prasta dan Ketua DWP Ny. Rasniathi Adi Arnawa, Ketua Gatriwara Ny. Ayu Suartini Parwata, Kepala OPD Di Lingkungan Pemkab Badung serta Camat, Lurah/Perbekel Se-Badung.

Seusai mengikuti semua rangkaian kegiatan acara, Bupati Giri Prasta menyampaikan HUT Mangupura Ke-12 tahun ini mengambil tema “Bayu Mukti Parahita” yang memiliki arti Bersama Masyarakat, Badung Berjuang Menuju Pemulihan Ekonomi. “Perlu juga kami sampaikan bahwa Mangupura memiliki makna, tempat yang menawan hati. Ini yang perlu kami sosialisasikan dengan baik. Dan berkenaan dengan hari jadi yang Ke-12 ini sudah barang tentu masyarakat dan dunia mengetahui dampak dari pandemi Covid-19. Oleh karena itu bersama masyarakat kami berjuang untuk pemulihan ekonomi,” ujar Giri Prasta.

Dilanjutkan Bupati Giri Prasta bahwa Pemkab Badung memaknai perayaan HUT Mangupura setiap tahunnya sebagai ajang untuk evaluasi dan introspeksi bukan euphoria semata. “Salah satu contoh yang kami ingin sampaikan yang pertama di sektor pangan sandang dan papan, kedua sektor kesehatan dan pendidikan, ketiga sektor jaminan sosial dan ketenagakerjaan, keempat sektor adat agama tradisi seni dan budaya, dan yang kelima sektor pariwisata, ini semua lengkap dengan infrastrukturnya,” ungkapnya.

Bupati Giri Prasta juga mengutarakan bahwa pihaknya tidak pernah membanggakan diri meskipun selama ini kebijakan politik anggaran sudah digunakan sepenuhnya untuk memberikan sentuhan kepada masyarakat Badung di segala bidang. “Dan kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh krama Badung yang sudah memberikan bantuan buah pikiran maupun gerakan dalam membangun Badung selama ini, untuk itu kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” pungkasnya.

Disamping itu Bupati Giri Prasta berharap, di usia Mangupura yang Ke-12 tahun ini, semua stakeholder terkait di Kabupaten Badung bisa meningkatkan soliditas dan sinergitas lebih baik lagi, menuju masyarakat Badung yang bahagia dan sejahtera. “Ini adalah merupakan momentum yang bagus bagi Kabupaten Badung untuk melakukan evaluasi, dimana kami punya prinsip perayaan hari ulang tahun ini bukan euforia, ini adalah merupakan ajang sebuah introspeksi (mulat sarira), bagaimana kita bisa melakukan sebuah evaluasi berkenaan dengan good governance dan clean government. Sebelum pandemi Covid-19 ini, kita di Kabupaten Bandung bisa melampaui target daripada provinsi maupun nasional dan sudah berjalan serta berdasarkan data. Sehingga capaian RPJMD itu sudah 85 persen lebih di 2021, karena memang 2020-2021 ini kita terkontraksi oleh Covid-19,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Badung, Putu Parwata mengatakan hari ini adalah hari bersejarah untuk Kabupaten Badung, dimana HUT Mangupura yang ke 12 ini adalah satu model yang memang dibangun bersama dengan pemerintah agar sejarah itu selalu dikenang. Sehingga ada proses terbangunnya kota Mangupura, untuk itu diadakanlah rapat paripurna. Dan dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Badung menyampaikan sambutannya dan flashback mengenai program-program yang telah dijalankan.

"Astungkara program semua sudah dapat dieksekusi dijalankan. Nah kedepan tinggal mematangkan memantapkan dengan kondisi Badung supaya dana dana yang memang kita bisa dapatkan maksimal dipergunakan kembali guna kepentingan masyarakat," kata Putu Parwata.

Putu Parwata juga menjelaskan, nilai lebih yang dimiliki oleh Kabupaten Badung adalah Badung dalam program kerjanya berbasis kerakyatan. "Itu yang paling penting sehingga dia bisa memberikan penanganan Covid-19nya, memberikan dampak sosialnya, kemudian ekonomi nya dan Badung masih bisa jalan programnya tapi semua program yang dikerjakan itu adalah untuk kebutuhan pegawai dan kepentingan masyarakat," jelasnya.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung, Made Sunarta menambahkan, apa yang dilakukan pihaknya adalah sebagai bentuk tanggung jawab kita di pemerintahan kabupaten Badung, oleh karena itu atas inisiatif DPRD maka dilaksanakan rapat Paripurna. Yang tujuannya adalah bagaimana pemerintah terus melakukan inovasi yang berkelanjutan agar diketahui oleh masyarakat. Sehingga dalam rapat paripurna yang dilakukan hari ini pihaknya mengundang seluruh perangkat Desa dan Lurah. 

"Maksud dan tujuannya adalah supaya dalam pidato Bupati apa yang telah dicapai itu menjadi bagian informasi kepada kita seluruh masyarakat Kabupaten Badung yang akan disampaikan oleh Kepala Desa. Sehingga informasi itu apa yang dilakukan oleh Bupati dalam melaksanakan Pemerintahan Kabupaten Badung ini bisa informasinya tercapai," imbuh Made Sunarta.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER