Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Koster Bangga, Bali Cetak Sejarah Sebagai Tuan Rumah Turnamen Sepak Bola Berkelas Dunia

  • 23 November 2021
  • 20:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1473 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan terima kasih kepada Gede Widiada atas inisiatifnya menyelenggarakan event internasional sepak bola dan memilih Bali sebagai tempat penyelenggaraan Turnamen Sepak Bola International Youth Championship 2021 di Bali - Jakarta.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Humas Pemprov Bali pada, Senin (22/11) kepada awak media, setelah Gubernur Bali, Wayan Koster menghadiri Pers Conference secara virtual pada Kamis (Wraspati Pon, Kuningan) 18 November 2021 lalu di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melaksanakan virtual dari Jakarta International Stadium (JIS).

Kata Koster bahwa dalam turnamen ini, yang paling membanggakan adalah, peserta yang ikut adalah klub berkelas dunia seperti Real Madrid, FC Barcelona, Atletico Madrid, dan Indonesia All Star. "Saya sangat bahagia dan bangga, karena baru pertama kali, Bali mendapat kehormatan dan kepercayaan sebagai tempat penyelenggaraan turnamen sepak bola berkelas dunia dalam sejarah. Oleh karena itu, Saya mendukung penuh pelaksanaan turnamen ini, dari segi teknis dan penerapan protokol kesehatan Covid-19, agar berjalan dengan lancar, aman, dan sukses," ujarnya.

Gubernur Koster juga menyatakan Saya akan berupaya keras agar diijinkan menghadirkan penonton paling tidak sebanyak 1.000 orang untuk bisa menyaksikan Turnamen Sepak Bola International Youth Championship 2021 dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. "Saya yakin, para penggemar fanatik sepak bola di Bali sangat berkeinginan untuk menyaksikan Turnamen Sepak Bola International Youth Championship 2021," sebutnya.

Gubernur Bali jebolan ITB ini kemudian menjelaskan bahwa mengenai pandemi Covid-19 di Bali, Saya bersama Pangdam, Kapolda, Bupati/Walikota se-Bali telah bekerja keras dalam menangani Pandemi Covid-19. Perkembangannya sangat baik, terlihat dalam dua bulan terakhir ini, munculnya kasus baru harian terus menurun dengan konsisten, melandai, dan stabil pada angka 1 digit dibawah 10 kasus, yang sembuh selalu di atas jumlah kasus baru, secara kumulatif sudah mencapai 96,32%, dan yang meninggal terus menurun di bawah 5 orang per hari, astungkara. Pada tanggal 18 November 2021 jumlah kasus baru mencapai 5 orang, yang sembuh mencapai 6 orang, dan tidak ada yang meninggal. Angka positif rate sudah mencapai 0,2%, jauh di bawah ketentuan WHO, yaitu kurang dari 5%.

"Sedangkan pencapaian vaksinasi sudah sangat tinggi, vaksinasi suntik ke-1 sudah mencapai 100,87% dan suntik ke-2 sudah mencapai 87,99%. Dengan demikian, Bali sudah sangat kondusif, nyaman, dan aman sebagai tempat penyelenggaraan Turnamen Sepak Bola International Youth Championship 2021," tambahnya.

Gubernur Bali, Wayan Koster, berharap penyelenggaraan Turnamen Sepak Bola International Youth Championship 2021 akan bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat dunia, bahwa Bali mampu menangani Pandemi Covid-19 dengan baik, sekaligus menjadi momentum untuk memulihkan pariwisata dan perekonomian Bali untuk bangkit kembali. Selain itu, Gubernur Bali berharap, turnamen ini akan memotivasi munculnya bibit-bibit pemain sepak bola berkelas dunia dari Bali.

Disisi lain, secara keolahragaan khususnya di bidang sepak bola. Turnamen International Youth Championship 2021 di Bali akan mendorong, memotivasi anak muda di Bali untuk terus berkembang menjadi pemain berkualitas, berdaya saing ketika nanti mengikuti event nasional maupun internasional.

Diakhir Pers Conference-nya, Gubernur Koster menyampaikan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang telah memiliki fasilitas lapangan bola bertaraf internasional (JIS, red). “Saya berkeinginan menonton final turnamen ini di Jakarta pada tanggal 11 Desember mendatang. Namun sebelum final, Pak Gubernur DKI sempatkan juga nonton bola di Bali," pungkasnya yang disambut tepuk tangan.

Sementara itu, Kapolda Bali menyatakan siap melaksanakan pengamanan di turnamen internasional tersebut. Pengamanan yang Kami laksanakan mulai dari kedatangan, ke tempat penginapan hingga ke venue pertandingan yang mana dalam kegiatan pengamanan tersebut, Kami akan bekerjasama dengan Kodam IX/Udayana, Satpol PP dan Pecalang. “Untuk itu Kami mohon dukungan masyarakat Bali agar bisa terlaksana dengan baik," ujar Irjen. Pol Putu Jayan Danu Putra.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan Bali dan Jakarta adalah pintu gerbang dunia untuk Indonesia dan Indonesia untuk dunia. Sehingga ini menjadi momentum untuk memberikan pesan kepada dunia, bahwa Indonesia aman, situasi di Jakarta dan situasi di Bali juga aman. "Saya akan ke tempat Pak Wayan (Gubernur Bali, Wayan Koster, red) di Bali untuk menyaksikan sepak bola di awal Desember ini, sekaligus menunjukan kolaborasi antara Jakarta dan Bali sangat solid," jelasnya.kw/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER