Polres Gianyar Gelontorkan Beasiswa Bagi Siswa Terdampak Covid-19

  • 17 November 2021
  • 17:50 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1519 Pengunjung
Suaradewata

Gianyar,suaradewata.com -  Sembilan siswa dari tingkat sekolah dasar hingga SMA/SMK mendapatkan program beasiswa dari Polres Gianyar, Rabu (17/11/2021). Siswa yang mendapatkan beasiswa dari Polres Gianyar merupakan siswa yang terdampak pandemi dimana orang tua siswa tersebut meninggal akibat Covid-19.

Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana seusai penyerahan bantuan beasiswa mengatakan, pihaknya bersyukur bisa memberikan sedikit bantuan anak-anak yatim dan yatim piatu karena covid-19. Kata dia, ini bukan bantuan dari Kapolres. Namun bantuan dari Polres Gianyar. Sebab dana tersebut bersumber dari semua anggota Polres Gianyar termasuk polsek. "Bantuan yang kami berikan berupa beasiswa selama setahun. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi pendidikan anak-anak kita," ujarnya. 

Terkait penyalurannya nanti, AKBP Bayu Sutha mengatakan, pihaknya menggandeng Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di mana anak penerima bantuan ini tinggal. "Nantinya beasiswa ini akan diserahkan setiap bulan. Kami menggandeng LPD untuk penyalurannya. Kami berharap dengan bantuan ini, dapat membantu anak-anak ini mengenyam pendidikan secara maksimal," ujarnya.

Dalam mengantisipasi beasiswa yang diberikan tidak disalah gunakan, kata dia, hal tersebut akan dipantau oleh Bhabinkamtibmas. "Nanti Bhabinkamtibmas yang kita suruh awasi, supaya benarkah digunakan sesuai yang diharapkan. Sebab bantuan ini merupakan bentuk keprihatinan kami pada anak-anak korban covid-19, sehingga kami bersepakat mengambil keputusan membantu melalui bantuan beasiswa ini," ujarnya. 

Desak (12) asal Kecamatan Sukawati merupakan salah satu dari sembilan anak penerima beasiswa. Dimana, ayahnya meninggal karena covid-19 pada 16 September 2021. Dulu, ayahnya menafkahi keluarga dengan bekerja sebagai perajin perak. Sejak ayahnya meninggal, kini kehidupan Desak hanya mengandalkan hasil penjualan jahitan ibunya. 

"Terima kasih saya sampaikan pada bapak ibu polisi yang telah memberi bantuan beasiswa ini. Saya mau pakai untuk masuk SMP," ujar gadis yang kini duduk di bangku kelas VI itu. 

Kepala Dinas Pendidikan Gianyar, Wayan Suradnya mengatakan, baru Polres Gianyar yang memberikan beasiswa untuk siswa-siswi yang orangtuanya meninggal karena covid-19. Pihaknya pun berharap ini dapat menginspirasi pihak lainnya. Dari segi Disdik Gianyar sendiri, pihaknya akan meminta bantuan ke Kementerian Sosial. Kata dia, di Kabupaten Gianyar, total pelajar yang menjadi yatim atau yatim piatu karena covid-19, sebanyak 54 orang.

"Semoga dengan bantuan ini, tidak ada anak-anak kita yang kesulitan dalam mengenyam pendidikan," tandasnya.
gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER