Badung Raih Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding Achievement Of Public Service Innovation

  • 12 November 2021
  • 22:30 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1491 Pengunjung
Sekda Wayan Adi Arnawa, Kepala Balitbang I Wayan Suambara, Kadis Kominfo IGN Jaya  Saputra, Kabag. Organisasi Setda Kab. Badung I Wayan Yadnya Putra dan Kabag

Badung, suaradewata com - Badung kembali mendapatkan prestasi dengan meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021, kali ini lewat kreator dari Balitbang Kabupaten Badung dengan inovasi PATRIOT (Pendeteksi Area Tangkapan Ikan Menggunakan Sistem Internet of Things) yang diserahkan secara virtual oleh KemenPAN RB bertempat di Gedung Command Center Puspem Badung, Selasa, (09/11/2021). Acara ini dihadiri oleh Sekda Wayan Adi Arnawa, Kepala Balitbang I Wayan Suambara, Kadis Kominfo IGN Jaya  Saputra, Kabag. Organisasi Setda Kab. Badung I Wayan Yadnya Putra dan Kabag. Prokompim Made Suardita.

Penghargaan ini merupakan wujud nyata dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Badung dalam membangun di segala bidang baik fisik maupun non fisik dimana Kabupaten Badung masuk nominasi menerima penghargaan kategori Outstanding Achievement Of Public Service Innovation.

Sekda Adi Arnawa seusai menerima penghargaan secara virtual tersebut mengatakan, penghargaan ini merupakan pencapaian luar biasa dalam inovasi pelayanan publik yaitu inovasi pelayanan publik dari Balitbang dengan "PATRIOT" sebagai pendeteksi area tangkapan ikan menggunakan Sistem Internet Of Things, diharapkan ikut memberikan kontribusi dan andil dalam pembangunan di Badung kedepan. 

Dikatakan juga, Badung tidak hanya memiliki objek wisata dan pantai yang sudah tersohor di seluruh jagat ini, namun jangan lupa para nelayan tradisionalnya yang juga masih eksis dan ikut berjalan seiring dengan gerak Pariwisata di Badung. Inovasi penangkapan ikan yang diinisiasi Balitbang Badung telah memberikan sesuatu yang sangat berarti bagi para nelayan di Badung dalam penangkapan ikan di tengah laut.  

“Penghargaan ini kami dedikasikan untuk HUT Mangupura ke-12  yang untuk tahun ini mengambil tema "Bayu Mukti Parahita” yang mempunyai arti Bersama Masyarakat, Badung Berjuang Menuju Pemulihan Ekonomi,” ujar Adi Arnawa. 

Lebih lanjut Sekda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan jajaran, apa yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Badung ini menjadi persembahan terindah bagi Badung di HUT yang ke 12. Momen ini tentu menjadi sebuah semangat di tengah pandemi Covid-19 Badung masih dapat memberikan prestasi yang luar biasa.  

“Mari ambil dari segi positifnya, Inovasi yang diprakarsai Balitbang Badung ini telah membuka mata hati kita bersama tentang betapa pentingnya kehidupan pertanian dan kehidupan para nelayan yang ada di Badung yang selama ini belum ditangani secara maksimal. Penghargaan ini telah menjadi bukti yang jelas bagi kita bersama Nelayan Badung bisa eksis di tengah pandemi Covid-19. Apalagi dalam penangkapan telah memakai cara kekinian yaitu digitalisasi internet tentu sangat membantu dengan hasil tangkapan yang jauh lebih baik,” jelasnya. 

Disamping itu, kehidupan tradisional nelayan ini juga dapat dijadikan sebagai objek genius lokal pariwisata. Penangkapan yang dilakukan oleh para nelayan yang masih tradisional dapat dijadikan sebagai sebuah obyek wisata juga yang tidak dimiliki oleh negara lain. “Dan yang paling penting, aplikasi ini sangat berguna bagi para nelayan untuk meningkatkan tangkapan dan tentunya bisa meningkatkan kehidupan para nelayan di Badung,” tutupnya.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER