Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Giri Prasta Terima Audiensi Panitia Karya Panca Wali Krama Pura Uluwatu

  • 08 November 2021
  • 18:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1252 Pengunjung
Istimewa

Badung,suaradewata.com - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Wayan Adi Arnawa menerima audiensi pengempon Pura Luhur Uluwatu I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya bersama Bendesa Adat Pecatu Made Sumerta dan jajaran pengurus desa adat di Rumah Jabatan Bupati Badung, Senin, (08/11/2021). Audensi tersebut terkait rencana Karya Panca Wali Krama di pura tersebut yang puncaknya akan jatuh pada tanggal 26 Nopember 2021 mendatang.

Sebagai wujud bakti kehadapan Ida Betara sane melingga di Pura Luhur Uluwatu, Bupati Giri Prasta menyampaikan, selaku pemerintah daerah pihaknya berkomitmen dalam mensukseskan dan mendukung pelaksanaan karya tersebut.

“Selaku pemerintah kami sangat mendukung pelaksanaan Karya Panca Wali Krama di Pura Uluwatu, sebagai wujud kesadaran, sayang dan bhakti kita kehadapan Ida Betara yang berstana di Pura Uluwatu. Dengan catatan semua dudonan upacara dan upakara harus manut dengan tattwa dan sastra agama yang ada. Yen sampun becik pemargi karya dan yadnya duwene ten sampai kita nunas, ida akan memberikan anugerah kepada kita (Kalau sudah bagus jalannya upacara, tidak sampai kita meminta Beliau akan memberikan anugerah kepada kita), inilah wujud hubungan sekala dan niskala,” ujar Giri Prasta seraya menyebut kedepan pihaknya bersama dinas terkait akan menerbitkan buku panduan dudonan karya untuk dibagikan ke masing-masing desa adat di Badung.

Bupati Giri Prasta juga mengingatkan pengempon-pengemong dan jajaran panitia Karya Panca Wali Krama Pura Luhur Uluwatu untuk mengedepankan manah suci ning nirmala dan tulus iklas selama ngaturang ayah pada setiap rangkaian karya yang akan digelar.

“Yen sampun ngayah metu saking manah suci ning nirmala (Jika sudah membantu keluar dari hati suci yang bersih) dan tidak ada beban maka karya akan memargi antar, sehingga apa yang menjadi harapan krama akan terwujud sepenuhnya,” jelasnya.

Sementara itu pengempon Pura Luhur Uluwatu I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya bersama Bendesa Adat Pecatu Made Sumerta mengharapkan Bupati Giri Prasta agar bisa hadir pada upacara mulang pekelem di Pantai Labuan Sait tanggal 23 Nopember dan saat puncak karya pada tanggal 26 Nopember 2021.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Badung Nyoman Sujendra, Kadis Kebudayaan Gde Eka Sudarwitha, Camat Kuta Selatan dan panitia Karya Panca Wali Krama Pura Luhur Uluwatu.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER