Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaga Keamanan Pariwisata, Banjar Adat Canggu Memiliki Jagabhaya

  • 31 Oktober 2021
  • 18:15 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1495 Pengunjung
Istimewa

Badung,suaradewata.com - Guna menjaga keamanan di wilayah Pariwisata, Banjar Canggu Desa Canggu Kecamatan Kuta Utara memiliki organisasi yang bernama Jagabhaya Banjar Adat Canggu. Hal itu diungkapkan oleh Kelian Banjar Adat Canggu I Nengah Sudarsa bahwa Jagabhaya ini berfungsi untuk menjaga keamanan daerah pariwisata. "Jagabhaya sama fungsinya seperti Pecalang," ungkap Nengah Sudarsa kepada media suaradewata.com, Minggu, (31/10/2021). 

Sudarsana menerangkan, organisasi Jagabhaya ini sebelumnya bernama Bumper yang dibentuk oleh Banjar Adat Canggu untuk menjaga keamanan Banjar di bidang Pariwisata pada tahun 2010. Dibentuknya organisasi tersebut kerena Banjar Adat Canggu sangat luas sehingga dalam menjaga keamanan Banjar organisasi ini setiap malam mengadakan ronda keliling. Yang fungsinya menjadi security cek serta menjaga lingkungan Banjar dan pengusaha agar situasi dalam keadaan aman.

"Sebelum Jagabhaya namanya bumper, itu pecalang banjar. Sekarang Jagabhaya masih ada dan kedepan kalau ada aturan yang jelas dari pemerintah dengan Bankamda akan di rubah sesuai aturan dari Pak Gubernur menjadi Bankamda," terangnya.

Ia menuturkan, organisasi tersebut jika digunakan di bidang upacara yadnya namanya Pecalang sedangkan untuk di bidang pariwisata namanya Jagabhaya, karena orang dan fungsinya juga sama. "Itupun ada petunjuk dari Desa Adat dan dari Kamtibmas kepolisian dulu," tuturnya.

Nengah Sudarsana juga menambahkan, pengamanan pariwisata di Pinggir Pantai juga dilakukan oleh organisasi Jagabhaya guna menjaga keamanan dan kebersihan Pantai. "Untuk pengamanan dan bersih pantai semua di kondisikan oleh Jagabhaya," imbuhnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER